Efek BTS, Lebih dari 1 Juta Orang Menonton Sidang Umum PBB

Happy Fajrian
21 September 2021, 20:29
bts, pbb,
YouTube-United Nations
BTS hadir sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Sidang Umum PBB.

Sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digelar pada Senin (20/9), di New York, Amerika Serikat (AS), berubah menjadi acara terpanas di jagat maya seiring kehadiran superstar musik pop Korea atau K-pop, BTS, berpidato pada acara tahunan tersebut.

ARMY, julukan fans BTS, menyerbu kanal YouTube resmi PBB, yang menayangkan langsung acara tersebut, dan membanjiri kolom komentar dengan emoji hati berwarna ungu yang menjadi ciri khas mereka.

Lebih dari 980 ribu orang menonton dengan puluhan ribu lainnya menonton melalui kanal YouTube lainnya yang juga menayangkan acara tersebut di berbagai platform.

Fans BTS pun langsung mendominasi kolom percakapan (chat) ketika idolanya mulai berpidato, dengan penonton lainnya mengingatkan para ARMY untuk tetap sopan pada acara yang sejatinya membicarakan tentang Sustainable Development Goals (SDGs).

Namun menurut laporan Washington Post, para ARMY BTS terus maju dan memperkuat pesan dari idola mereka tentang generasi muda untuk membentuk masa depan, mulai dari memperhatikan isu perubahan iklim hingga keterhubungan digital.

Dalam pidatonya, masing-masing anggota BTS yang terdiri dari 7 orang, yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook, menyampaikan pandangan mereka tentang masa depan generasi muda yang dibentuk oleh pandemi Covid-19.

“Para fans BTS telah melalui dua tahun dalam pandemi untuk mempelajari hal-hal baru secara online, terhubung satu sama lainnya pada tingkat yang lebih dalam, dan mempelajari isu-isu seperti perubahan iklim dan bagaimana mereka dapat membuat perbedaan,” kata BTS, dikutip Washington Post, Selasa (21/9).

Mereka berharap bahwa generasi muda akan dihargai karena kemampuannya dalam menciptakan dunia yang positif dan sehat melalui komunitas online mereka, bukan sebagai korban pandemi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...