PLN Minta Harga Khusus LNG untuk Konversi Pembangkit Listrik BBM

Image title
22 September 2021, 20:51
pln, lng, harga lng
123RF.com/Artinun Prekmoung
Ilustrasi LNG

PLN berharap pemerintah dapat menetapkan harga khusus LNG (Liquified Natural Gas) untuk jangka panjang untuk memuluskan implementasi kebijakan gasifikasi pembangkit listrik berbahan bakar minyak (BBM).

Vice President Pengendalian Kontrak Gas PLN Edwin Bangun mengatakan LNG sebagai bahan bakar pembangkit listrik sangat penting karena bisa dijadikan sebagai pembangkit load follower yang berarti kapasitas listrik yang dihasilkan bisa dinaik/turunkan mengikuti beban sistem, ataupun peaker ketika permintaan tinggi.

"PLN berharap ada harga khusus LNG karena akan kami manfaatkan sebagai load follower ataupun peaker," kata Edwin dalam diskusi Arah Baru Industri Migas : Ketahanan Energi Dengan Memaksimalkan Pemanfaatan Natural Gas dan LNG Dalam Negeri, Rabu (22/9).

Di samping itu pembangkit LNG juga memiliki ramping rate yang tinggi sehingga dapat mendukung pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) yang bersifat intermittent, utamanya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Ramping rate tinggi pembangkit LNG berarti listrik yang dihasilkan dapat masuk ke sistem kelistrikan dengan cepat, sehingga sangat ideal untuk mendukung pembangkit listrik EBT yang pasokannya tidak selalu tersedia. Namun fleksibilitas inilah yang membuat pembangkitannya mahal, sehingga PLN meminta dukungan harga dari pemerintah.

Edwin menyebut sebenarnnya ada beberapa tantangan dalam pemanfaatan LNG bagi PLN. Seperti kepastian pasokan, efisiensi biaya dan fleksibilitas pasokan. Oleh sebab itu, diperlukan dukungan dari pemerintah dan penyedia LNG, khususnya sektor hulu migas untuk penyediaan stasiun pengisian LNG skala kecil.

Di samping itu, dia juga berharap supaya kebijakan integrasi pemanfaatan infrastruktur gas tidak hanya berfokus pada peruntukkan kelistrikan. Namun juga mengakomodir kebutuhan gas di luar kelistrikan, sehingga didapatkan biaya infrastruktur gas yang lebih kompetitif.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...