Studi: Covid-19 Turunkan Harapan Hidup Pria Lebih Besar Dari Wanita

Happy Fajrian
27 September 2021, 08:15
covid-19, pandemi corona, virus corona, harapan hidup,
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas menggunakan protokol kesehatan lengkap beristirahat usai memakamkan jenazah korban Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Jumat, (16/7/2021).

Sebuah studi oleh Universitas Oxford menyatakan bahwa tingkat harapan hidup dunia berkurang hingga enam bulan akibat pandemi Covid-19. Bahkan harapan hidup pria dewasa di Amerika Serikat (AS) turun hingga lebih dua tahun. Ini merupakan penurunan terbesar sejak Perang Dunia II.

Tingkat harapan hidup turun hingga enam bulan dibandingkan pada 2019 terjadi di 22 negara dari total 29 negara yang dianalisis, mulai dari Eropa, AS, dan Cili. Secara keseluruhan terjadi penurunan harapan hidup di 27 negara.

Advertisement

Oxford menyatakan sebagian besar penurunan harapan hidup di berbagai negara dapat dikaitkan dengan kematian resmi Covid-19. Ada hampir 5 juta kematian yang dilaporkan disebabkan oleh virus corona baru sejauh ini.

“Fakta bahwa hasil kami menyoroti dampak besar yang secara langsung dapat dikaitkan dengan Covid-19 menunjukkan betapa dahsyatnya kejutan itu bagi banyak negara,” kata salah satu peneliti, Dr. Ridhi Kashyap, seperti dikutip Reuters Senin (27/9).

Menurut studi yang telah diterbitkan di the International Journal of Epidemiology ini, ada penurunan yang lebih besar dalam harapan hidup untuk pria daripada wanita di sebagian besar negara. Penurunan terbesar pada pria Amerika, yakni hingga 2,2 tahun dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi.

Secara keseluruhan, harapan hidup pria menurun lebih dari setahun di 15 negara, dibandingkan dengan wanita yang hanya terjadi di 11 negara. “Covid-19 telah menghapuskan kemajuan peningkatan harapan hidup yang berhasil dicapai dalam 5,6 tahun seblumnya,” tulis studi tersebut.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement