Australia Tolak Hapuskan Bahan Bakar Fosil & Tetapkan Nol Emisi Karbon

Happy Fajrian
27 September 2021, 09:29
australia, bahan bakar fosil, emisi karbon, nol emisi karbon
ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/rwa/cf
Sydney Opera House, Sydney, Australia.

Australia menegaskan keengganannya untuk menghapuskan penggunaan bahan bakar fosil di tengah tekanan dunia internasional menjelang konferensi iklim PBB COP-26 di Skotlandia pada bulan November mendatang. Negara ini juga menolak untuk menetapkan target nol emisi karbon.

Negara Kangguru merupakan pengekspor batu bara dan gas utama dunia. Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa pemerintahannya masih merumuskan rencana emisi karbonnya dan menolak berkomitmen untuk membatasi bahan bakar fosil yang merupakan komoditas utama ekspornya.

“Saya tidak siap menarik industri bahan bakar fosil. Tidak harus, karena perubahan itu akan terjadi seiring waktu, tidak terjadi dalam semalam,” ujar Morrison seperti dikutip CNBC, Senin (27/9).

Dia menambahkan bahwa Australia tengah mengembangkan teknologi transisi dan bahan bakar dan teknologi utama yang akan ada pada 20 hingga 30 tahun ke depan. “Itu akan membawa kami ke titik nol (emisi karbon). Ini tidak terjadi dalam semalam,” kata dia.

Morrison juga menentang mekanisme pajak untuk menekan emisi. Bahkan ia menjadi bagian dari pemerintahan Australia yang menggagalkan penerapan skema carbon pricing atau perdagangan karbon, karena menganggap mekanisme tersebut sebagai pajak.

Wakil Morrison, Barnaby Joyce mengatakan bahwa target nol bersih emisi karbon sebagai ancaman terhadap pekerjaan warga Australia.

“Kami melihatnya melalui kaca mata untuk memastikan tidak ada yang tidak masuk akal atau hilangnya perkerjaan regional,” kata dia kepada Australian Broadcasting Corporation (ABC), seperti dikutip Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...