Ford Bangun 3 Pabrik Baterai Mobil Listrik Senilai Rp 162 Triliun

Happy Fajrian
28 September 2021, 08:16
mobil listrik, baterai listrik, pabrik baterai, ford
YouTube
Ford Motors berencana membangun tiga pabrik baterai kendaraan listrik dengan total investasi mencapai US$ 11,4 miliar atau lebih dari Rp 162 triliun.

Produsen otomotif terkemuka asal Amerika Serikat (AS), Ford Motors, berencana membangun pabrik baterai untuk mobil listrik senilai US$ 11,4 miliar atau lebih dari Rp 162 triliun. Ford akan bekerja sama dengan pemasok baterai listrik asal Korea Selatan, SK Innovation.

Pabrik ini nantinya akan menciptakan 11 ribu lapangan kerja baru untuk memproduksi mobil listrik dan baterai. Ford dan SK Innovation akan membentuk perusahaan patungan bernama BlueOvalSK, yang akan membangun dua pabrik baterai lithium-ion di Central Kentucky, dan satu di Tennessee.

“Juga (membangun) area kampus seluas 3.600 are di Tennessee barat. Di area kampus ini juga akan dibangun pabrik baterai bersama SK, supplier park, pusat daur ulang dan pabrik perakitan baru untuk truk F-Series listrik,” kata CEO Ford Jim Farley seperti dikutip CNBC.com, Selasa (28/9).

Dari dua pabrik yang akan dibangun di Kentucky, satu pabrik diproyeksi akan mulai berproduksi pada 2025, dan satu pabrik lainnya akan mulai beroperasi pada 2026.

Chief Operating Officer Ford Amerika Utara Lisa Drake menjelaskan bahwa sekitar US$ 5,6 miliar (sekitar Rp 80 triliun) investasi Ford dengan SK akan digunakan untuk kampus baru bernama Blue Oval City di Stanton, Tennessee.

Sedangkan sisanya, US$ 5,8 miliar (Rp 82 triliun) untuk membangun dua pabrik di Glendale, Kentucky. Dari total investasi US$ 11,4 miliar, Ford akan menanggung sekitar U$ 7 miliar atau sekitar Rp 99 triliun.

“Ini adalah momen yang sangat penting bagi kami dan negara kami hari ini. Kami mengumumkan investasi tunggal terbesar di fasilitas manufaktur baru dalam 118 tahun sejarah Ford,” kata Drake. SK Innovations merupakan salah satu produsen baterai listrik terbesar di dunia, simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...