Obat Covid-19 Molnupiravir Turunkan Risiko Rawat Inap dan Kematian

Happy Fajrian
2 Oktober 2021, 12:05
obat covid-19, molnupiravir, covid-19, obat virus corona, antivirus
ANTARA
Seorang pekerja menyiapkan pengemasan obat-obatan padat.

Perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS), Merck, berhasil mengembangkan obat Covid-19 yang diklaim mampu mengurangi risiko kematian atau dirawat di rumah sakit bagi kalangan paling rentan. Obat yang bernama molnupiravir ini bekerja dengan mengacaukan kode genetik virus corona.

Obat ini berpotensi menjadi obat antivirus Covid-19 oral pertama didunia yang dapat diberikan kepada pasien yang belum mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Para ahli kesehatan juga memuji obat ini sebagai terobosan dalam mengobati Covid-19. Merck, bersama mitranya Ridgeback Biotherapeutics, berencana mengajukan izin penggunaan darurat di Amerika sesegra mungkin, kemudian ke seluruh dunia.

“Molnupiravir adalah obat antivirus oral yang dapat menurunkan risiko rawat inap hingga tingkatan tertentu akan penjadi game changer,” kata peneliti senior di Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins, Amesh Adalja, seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/10).

Saat ini pilihan obat penanganan Covid-19 seperti remdesivir dan deksametason steroid generik hanya diberikan ketika pasien sudah dirawat di rumah sakit. “Obat ini akan mengubah dialog seputar cara merawat pasien Covid-19,” kata CEO Merck Robert Davis.

Adalja menambahkan bahwa perawatan Covid-19 yang ada saat ini tidak praktis dan secara logistik sangat menantang. Pil yang dapat diminum secara oral ini akan membalikkan itu semua.

Sejauh ini perusahaan farmasi di dunia berlomba untuk mengembangkan obat yang dapat mengobati Covid-19 dengan efektif. Atea Pharmaceuticals Inc., Moderna Inc., serta Pfizer dan Swiss Roche Holding AG, juga tengah mengembangkan pil antivirus yang mudah digunakan.

Pasalnya, saat ini hanya suntikan antibodi intravena (intravenous immunoglobulin) yang bisa diberikan kepada pasien yang tidak dirawat di rumah sakit. Simak daftar obat perawatan Covid-19 beserta harganya pada databoks berikut:

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...