Harga Batu Bara US$ 240, PLN Ingatkan Komitmen DMO Perusahaan Tambang

Image title
5 Oktober 2021, 15:15
batu bara, pln, dmo batu bara
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.
Alat berat beroperasi di kawasan penambangan batu bara Desa Sumber Batu, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Rabu (8/7/2020). Kementerian ESDM menetapkan Harga Batu bara Acuan (HBA) Juli 2020 sebesar US$52,16 per ton turun sebesar US$0,82 per ton atau 1,54 persen dibandingkan Juni 2020 sebesar US$52,98 per ton, penurunan tersebut disebabkan minimnya permintaan ekspor batu bara untuk pasar global khusunya China dan India.

Harga batu bara yang terus melambung tinggi membuat PLN khawatir dengan potensi kelangkaan komoditas ini di dalam negeri. Menurut pantauan Katadata.co.id, harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) telah berada di level US$ 240 per ton pada Senin (4/10).

Direktur Perencanaan Korporat PLN Evy Haryadi berharap produsen batu bara berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri atau domestic market obligations (DMO) batu bara, sekalipun harga harga jualnya dipatok maksimal US$ 70 per ton.

Advertisement

"Kami tergantung pemerintah. Hal-hal seperti ini tidak sepenuhnya dapat dikontrol PLN, seperti yang sudah dialami di 2021 ini bagaimana kita diatur pemerintah terkait DMO," ujarnya dalam Webinar Diseminasi RUPTL PLN 2021-2030, Selasa (5/10).

Namun, ia berharap produsen batu bara dalam negeri patuh akan komitmen DMO. Mengingat peran listrik cukup vital. Sehingga kebutuhan batu bara untuk domestik harus diutamakan.

"Jangan sampai dengan harganya tinggi di luar negeri batu bara yang kita punyai seluruhnya terkepsor ke luar negeri. Tetapi didahulukan dulu di dalam negeri," katanya. Simak kinerja ekspor batu bara Indonesia hingga 2020 pada databoks berikut:

Meski demikian pemerintah sepertinya cukup tegas dalam menegakkan aturan terkait DMO batu bara. Pasalnya, sebanyak 34 produsen batu bara sempat terkena sanksi larangan ekspor karena belum memenuhi komitmen DMO-nya kepada PLN dan PLN Batu Bara.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement