Pesawat CN 235-220 Uji Terbang Perdana Bandung-Jakarta Pakai Bioavtur

Image title
6 Oktober 2021, 11:59
bioavtur, uji coba bahan bakar nabati
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Ilustrasi.

Pemerintah berhasil menguji coba bahan terbang perdana pesawat CN 235-220 Flying Test Bed (FTB) dari Bandung ke Jakarta menggunakan bahan bakar nabati bioavtur 2,4% (J2.4). Uji coba ini dalam rangka peningkatan implementasi pengembangan BBN di sektor transportasi udara.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan serangkaian uji coba terbang sebelumnya telah dilaksanakan pada 8-10 September 2021. Pesawat melakukan penerbangan dengan ketinggian 10.000 dan 16.000 kaki.

Hasil pelaksanaan uji terbang menunjukkan bahwa kinerja mesin dan indikator-indikator yang terdapat di kokpit menunjukkan kesamaan antara penggunaan bahan bakar Jet A1 dan J2.4.

"Hari ini kita telah melihat sejarah baru yaitu penerbangan perdana yang gunakan bahan bakar nabati, yang memang kita tunggu selama ini, dan pagi ini dicoba jarak Bandung-Jakarta," kata Arifin dalam acara Seremoni Keberhasilan Uji Terbang Pesawat CN235-220 FTB dengan Bahan Bakar Bioavtur, Rabu (6/10).

Menurut Arifin berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No.12 tahun 2015, campuran BBN pada avtur ditargetkan dapat mencapai persentase 3% pada 2020, kemudian ditingkatkan kembali menjadi 5% pada 2025.

Namun implementasi pencampuran bioavtur belum berjalan lancar. Hal ini lantaran terkendala dari ketersediaan bioavtur, proses teknologi dan keekonomoian. Arifin menegaskan keberhasilan uji terbang bioavtur hari ini masih tahap awal. Sehingga ia menekankan agar jangan berpuas diri terhadap keberhasilan tersebut.

"Penelitian dan pengembangan harus dilakukan untuk nantinya dihasilkan J100 dan penggunaan bioavtur untuk seluruh maskapai di Indonesia dan penerbangan mancanegara," katanya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...