PLN Rampungkan GITET Wotu 250 MVA, Dukung Industri Smelter di Sulawesi

Image title
8 Oktober 2021, 13:32
pln, listrik, smelter
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (Gitet).

PLN telah merampungkan penambahan kapasitas dan pemberian tegangan perdana Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Wotu sebesar 250 Mega Volt Ampere (MVA) di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Dengan begitu, GITET Wotu menjadi GITET terbesar di Indonesia Bagian Timur.

Sebelumnya, GITET Wotu Extension (Ext) 275/150 kV memiliki kapasitas IBT sebesar 90 MVA. General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi, Defiar Anis mengatakan peningkatan kapasitas ini diharapkan dapat meningkatkan pasokan daya listrik di Sulawesi.

Advertisement

"Dengan energize-nya GITET Wotu ini akan membuat pasokan listrik semakin andal. Ini akan membuka peluang lebih besar untuk pertumbuhan investasi dan ekonomi," kata Anis dalam keterangan tertulis, Jumat (8/10).

Kebutuhan listrik di Sulawesi diprediksi akan terus meningkat seiring pertumbuhan industri di wilayah tersebut, khususnya untuk industri smelter. Kebutuhan listrik untuk fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter di Sulawesi diproyeksikan lebih dari 6.000 MVA.

Sebelumnya, PLN juga telah menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik sebesar 738 MVA dengan beberapa perusahaan. Di antaranya Arafura Surya Alam di Sulawesi Utara, PT Banyan Tumbuh Lestari di Gorontalo, serta PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, PT Ceria Nugraha Indotama, PT Bintang Smelter Indonesia dan PT Macika Mineral Industri di Sulawesi Tenggara.

Dalam mengerjakan proyek ini, PLN mengklaim telah mengedepankan penggunaan komponen dalam negeri, dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 44%. Angka tersebut lebih besar dari persentase yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor 54 Tahun 2021.

Permen tersebut menyebutkan secara rinci persentase minimum TKDN yang harus dipenuhi dalam setiap jenis proyek infrastruktur ketenagalistrikan tergantung kapasitasnya, baik untuk pembangkit, gardu induk, maupun transmisi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement