Terancam Krisis Energi, Amerika Mulai Beralih ke Batu Bara

Happy Fajrian
11 Oktober 2021, 17:27
krisis energi, amerika, amerika serikat, batu bara
ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner /WSJ/dj
Krisis energi kini mengancam Amerika Serikat. Sejumlah perusahaan utilitas yang memproduksi listrik telah beralih ke batu bara seiring ketatnya pasokan gas.

Krisis energi dilaporkan juga tengah mengancam Amerika Serikat (AS). Perusahaan produsen listrik di negara tersebut khawatir persediaan gas yang ada tidak mencukupi untuk menghadapi musim dingin. Sejumlah perusahaan pun mulai beralih ke batu bara untuk menutupi kekurangan gas dan harganya yang mahal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Executive Officer Xcoal Energy & Resources LLC, Ernie Thrasher. “Perusahaan utilitas khawatir mereka tidak bisa mendapatkan bahan bakar yang cukup. Ini bisa memicu pemadaman listrik,” ujarnya seperti dikutip dari Bloomberg pada Senin (11/10).

Thrasher menjelaskan bahwa pemulihan ekonomi global dari pandemi telah mendongkrak permintaan listrik. Hal ini memicu kelangkaan gas dan menyebabkan harganya melonjak, seperti yang terjadi di Asia dan Eropa.

Ini mendorong perusahaan utilitas beralih ke batu bara sebagai sumber energi. Menurut dia, perusahaan utilitas di AS beralih dari gas ke batu bara, dan akan mengkonsumsi komoditas energi itu 23% lebih banyak tahun ini dibandingkan sebelumnya.

Ketatnya pasokan gas yang dibarengi dengan harganya yang melonjak signifikan membuat produsen listrik di Amerika juga menaikkan tarifnya hingga US$ 11 per bulan. Simak databoks berikut:

Co-Chief Investment Officer e360 Power LLC, James Shrewsbury mengatakan bahwa sebenarnya Amerika memiliki pasokan gas yang cukup untuk dapat melewati musim dingin tahun ini secara normal. Namun musim dingin berkepanjangan dapat membuat pasokan gas pada akhirnya tidak mencukupi.

Di sisi lain, peningkatan permintaan batu bara terkendala dengan produksinya yang rendah sebagai bentuk komitmen untuk memerangi perubahan iklim yang membuat produsen enggan meningkatkan kapasitas produksi bahan bakar fosil, seperti batu bara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...