Krisis Energi Kini Ancam Jepang, Harga Listrik Naik Tertinggi 9 Bulan

Happy Fajrian
12 Oktober 2021, 19:17
krisis energi, jepang, listrik
ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/nz/cf
Krisis energi mulai mengancam Jepang seiring naiknya harga listrik ke level tertinggi dalam sembilan bulan.

Krisis energi global semakin meluas. Kini sinyal krisis tersebut mulai muncul di Jepang seiring naiknya harga listrik di negara itu ke level tertingginya dalam sembilan bulan terakhir.

Naiknya harga listrik di Negeri Sakura didorong lonjakan harga minyak, gas alam, dan batu bara dunia yang mulai mengganggu pasar energi negara itu, yang bernilai lebih dari US$ 150 miliar atau lebih dari Rp 2.100 triliun.

Lonjakan harga energi dunia dipicu oleh meningkatnya permintaan seiring pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19 yang semakin cepat namun tidak didukung oleh pulihnya produksi energi yang sempat turun imbas pandemi tersebut.

Jepang hanya mengimpor energi dalam kuantitas kecil, namun harga minyak, gas, dan batu bara yang tinggi telah menyebabkan inflasi tertinggi dalam 13 tahun terakhir. Naiknya harga minyak mendorong naiknya biaya minyak dan batu bara sebesar 32,4% pada bulan September. Simak databoks berikut:

Kenaikan harga listrik juga menghidupkan kembali kenangan musim dingin lalu ketika harga mencapai rekor tertinggi dan jaringan listrik Jepang hampir gagal dalam krisis energi terburuk bagi negara itu sejak bencana Fukushima.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...