PGN Pasok Gas PLTMG Baloi, Dukung Kelistrikan Batam-Bintan

Image title
13 Oktober 2021, 18:44
pgn, gas, pembangkit listrik
Katadata
Ilustrasi.

PGN memenuhi kebutuhan gas untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Baloi, Batam. Gas dipasok dengan membangun infrastruktur pipa baja sepanjang 100 meter, yang ditargetkan selesai dalam empat minggu.

PLTMG Baloi yang dibangun pada Maret 2021 merupakan bagian dari PLN Batam yang akan menopang sistem kelistrikan di wilayah Batam dan Bintan. Kebutuhan volume gas bumi secara bertahap dan pada triwulan IV 2021 sebesar 1-5 miliar British thermal unit per day (BBtud).

Direktur Sales dan Operasi, Faris Aziz, menjelaskan PGN mempunyai komitmen untuk memberikan keandalan suplai gas domestik. Hal ini mengingat kebutuhannya dipakai untuk meningkatkan kapasitas pembangkit listrik.

“Adanya kebijakan harga dari pemerintah sesuai ESDM No.135/2021, diharapkan dapat teralokasi secara maksimal dan dapat merasakan benefitnya secara nyata. Khususnya untuk menurunkan biaya pokok penyediaan tenaga listrik,” ujar Faris dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10).

Beroperasinya PLTMG Baloi ini akan menambah produksi listrik sampai dengan 30 Megawatt (MW) mulai Desember 2021. Penyaluran gas perdana dilakukan pada akhir September 2021 dan bersumber dari ConocoPhillips (Grissik) Ltd., dengan harga gas sesuai Kepmen ESDM No.135/2021.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...