Hulu Migas Mulai Menggeliat, Elnusa Raih Kontrak Baru Survei Seismik

Image title
14 Oktober 2021, 10:36
migas, eksplorasi migas, survei seismik, elnusa
Elnusa
Elnusa.

Perusahaan penyedia jasa eksplorasi minyak dan gas bumi (migas), PT Elnusa Tbk, meraih kontrak baru survei seismik di beberapa wilayah Indonesia. Salah satunya survei seismik 3D yang berada di wilayah Pulau Panjang dan Sungai Buluh.

Adapun area tersebut berada di antara dua provinsi yakni Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam. Tepatnya di Kabupaten Langkat & Kabupaten Aceh Tamiang. Proyek lainnya yakni survei seismik 2D di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, termasuk survei seismik 2D di Sidoarjo dan Pasuruan.

Periode pelaksanaan kontrak-kontrak tersebut pun tergantung pada luasan wilayah survei, dengan periode paling panjang 19 bulan. Dua proyek telah berjalan, sedangkan sisanya akan dimulai pada pertengahan Oktober dengan total panjang lintasan proyek survei seismic 3D 306 km persegi dan survei seismik 2D sepanjang 1.641 km.

Direktur Operasi merangkap Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Rony Hartanto mengatakan pihaknya siap untuk melaksanakan proyek-proyek baru survei seismik. "Atas perolehan proyek-proyek tersebut kami sangat yakin kinerja Elnusa akan lebih baik kedepannya," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (14/10).

Menurut dia kontrak baru tersebut memberikan optimisme perusahaan sebagai penyedia jasa survei seismik di Indonesia. Mengingat, banyak pekerjaan hulu migas seperti survei seismik tertunda sejak awal pandemi Covid-19.

Elnusa memenangkan tiga tender survei seismik diantaranya seperti Survei Seismik 2D OBN Akuisisi, Processing, dan Reprocessing Data Area Selatan, survei dan pengolahan data seismik 2D Vibroseis sub-vulkanik Jawa, dan survei seismik 3D Pulau Panjang dan Sungai Buluh, yang membentang dari Sumatera Utara hingga Aceh.

Rony menilai berjalannya proyek-proyek eksplorasi tersebut merupakan sinyal positif bahwa industri hulu migas mulai menggeliat. Untuk itu, dia berharap kondisi ini dapat membuka peluang baru Elnusa yang akan berdampak positif pada kinerja perusahaan secara konsolidasi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...