Ilmuwan Meneliti Adanya Orang yang Kebal Alami Terhadap Virus Corona

Happy Fajrian
20 Oktober 2021, 12:27
covid-19, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/HP/djo
Pusat kota Sydney, Australia, selama pemberlakuan penguncian untuk menekan laju penularan virus corona (Covid-19).

Sejumlah ilmuwan tengah meneliti kemungkinan adanya orang yang kebal secara alami terhadap virus corona yang menyebabkan Covid-19. Informasi genetik orang yang kebal tersebut dianggap sebagai kunci untuk mencari obat penyakit ini.

Ahli imunologi dari Academy of Athens, Evangelos Andreakos, mengatakan bahwa dua manusia 99,9% identik secara genetik, hanya dibedakan 0,1% informasi genetik yang menjadikannya unik dengan lainnya. Inilah yang menentukan perbedaan pada manusia, mulai dari cara pandang, hingga resistensi atau kerentanan terhadap penyakit.

“Pandemi Covid-19 global telah mendemonstrasikan variabilitas klinis yang luar biasa antara individu dalam menghadapi infeksi, mulai dari tanpa gejala hingga gejala yang mengancam jiwa,” kata Andreakos, seperti dikutip Science Alert, Rabu (20/10).

Ia menambahkan bahwa pemahaman dunia medis tentang patofisiologi Covid-19 telah berkembang pesat sejak penyakit ini menyebar pada Desember 2019. Namun pemahaman tentang genetis dan imunologis manusia yang menghasilkan resistensi bawaan terhadap virus corona masih sedikit.

“Meskipun kita mungkin tidak memiliki banyak informasi tentang resistensi bawaan ini, bukan berarti itu tidak ada. Para peneliti mencatat bahwa kadang dari satu rumah yang terinfeksi, namun ada satu orang yang terhindar,” ujar Andreakos.

Sementara itu ada juga laporan yang menyebutkan tentang orang yang tak terkena Covid-19 meskipun berada di wilayah dengan tingkat infeksi tinggi. Ada beberapa penelitian serius tentang kekebalan atau resistensi bawaan ini, tetapi belum memberikan hasil yang diharapkan.

Sebagai contoh, para peneliti melaporkan bahwa tahun lalu bahwa golongan darah tertentu, terutama golongan O, menunjukkan sedikit resistensi terhadap infeksi Covid-19 yang parah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...