Relawan ANIES Dukung Pencalonan Anies Baswedan Sebagai Presiden 2024

ANIES mendukung pencalonan Anies Baswedan sebagai presiden RI dalam pilpres 2024 mendatang berdasarkan keberhasilan dalam memimpin DKI Jakarta.
Image title
20 Oktober 2021, 15:31
anies baswedan, pilpres 2024
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Relawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) mendeklarasikan dukungannya kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

Koordinator ANIES, La Ode Basir mengatakan bahwa deklarasi dukungan ini berdasarkan keberhasilan Anies dalam memimpin Jakarta selama empat tahun terakhir.

“Bermula dari diskusi kami merefleksi kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta. Tema ini berkembang menjadi refleksi keberhasilan Anies memimpin Jakarta dan proyeksi memimpin Indonesia pada 2024,” ujarnya dalam acara deklarasi Anies for President 2024 yang disiarkan melalui kanal YouTube ANIES 2024, Rabu (20/10).

Dia menjelaskan bahwa pihaknya menilai Anies berhasil memimpin Jakarta selama empat tahun terakhir. Keberhasilan tersebut dinilai dari beberapa aspek. Misalnya, bagaimana Jakarta dalam tiga tahun terakhir, yakni 2018-2020, mendapat penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

Kemudian pada Agustus Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepadan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentang pengelolaan pemerintahan yang akuntabel dan transparan. Selain itu Anies juga dinilai begitu peduli memperhatikan pendidikan dan kesehatan warga Jakarta, serta memperhatikan pembangunan fisik ibu kota.

Pada bidang pendidikan, menurut La Ode perhatian Anies terlihat melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk anak sekolah dan mahasiswa. Sedangkan di bidang kesehatan dalam bentuk Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan pembenahan rumah sakit.

Sedangkan pada aspek pembangunan fisik, pembangunan infrastruktur terlihat begitu masif, upaya nyata pengendalian banjir, mengurai macet melalui integrasi intermoda transportasi, pembenahan stasiun kereta, dan berbagai pembangunan sarana prasarana lainnya seperti jembata dan flyover.

“Atas dasar itulah kami membentu Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES), untuk mendeklarasikan dukungan penuh kepada bapak Anies Baswedan untuk maju sebagai Presiden Republik Indonesia. Mulai hari ini ANIES bekerja untuk mendukung pencalonan Anies Baswedan,” kata La Ode.

La Ode yang berasal dari Sulawesi mengklaim warga di daerahnya iri dengan warga Jakarta atas berbagai pencapaian Anies. Oleh karena itu mereka mendukung pencalonan Anies sebagai presiden pada Pilpres 2024 mendatang agar keberhasilan yang dinikmati warga Jakarta bisa juga dinikmati seluruh Indonesia.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 25 Agustus 2021 menunjukkan, elektabilitas Anies Baswedan berada di urutan ketiga setelah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 26,2%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 20,8%. Simak databoks berikut:

Indikator melakukan survei terhadap 1.220 orang di seluruh Indonesia pada 30 Juli hingga 4 Agustus 2021. Survei ini menggunakan metode simple random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Pengamat Politik dari Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan kendati elektabilitasnya semakin menguat, kans Anies Baswedan maju di bursa calon presiden pada Pemilu 2024 dinilai masih cukup berat. "Salah satu batu sandungan Anies adalah ia tidak punya partai politik," ujarnya kepada Katadata.co.id beberapa waktu lalu.

Apalagi sampai saat ini, Adi melihat partai politik cenderung akan menjagokan kadernya sendiri. Salah satu parpol yang sempat melirik Anies adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sempat menyebut duet Anies-Sandiaga Uno punya peluang besar dalam pemilu mendatang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait