Realisasi Lifting Migas Capai 96% APBN, Sembilan KKKS Lampaui Target

Image title
25 Oktober 2021, 14:07
lifting migas, skk migas,
123RF.com/sergeiminsk
Ilustrasi lifting migas.

SKK Migas mencatat hingga akhir kuartal III 2021, realisasi lifting migas mencapai 1,640 barel setara minyak per hari (boepd) atau sebesar 96% dari target APBN. Adapun dari realisasi tersebut setidaknya sembilan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) telah mencatatkan lifting di atas target.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan dampak Covid-19 masih sangat mengganggu operasional hulu migas. "SKK Migas dan KKKS terus melakukan upaya agar kinerja hulu migas tetap optimal," kata Julius dalam keteragan tertulis Senin (25/10).

Advertisement

Upaya yang dilakukan tersebut membuahkan hasil dengan capaian lifting migas yang sebesar 96%. Meskipun ada beberapa proyek utama yang penyelesainnya mundur dari target akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Menurut Julius meskipun operasional hulu migas telah dijaga seketat mungkin dengan prosedur protokol kesehatan melampaui yang ditetapkan Pemerintah. Namun tetap ditemukan pekerja hulu migas maupun kontraktor di proyek yang terkena Covid-19.

Dampaknya terjadi outbreak, yang meskipun telah dilakukan berbagai cara hilangnya waktu akibat outbreak tidak semua bisa di recovery. Misalnya seperti yang terjadi pada proyek Tangguh Train 3 dan Jambaran Tiung Biru (JTB).

"Karena terjadi outbreak bertubi-tubi menyebabkan jadwal onstream meleset sehingga berdampak pada capaian lifting di tahun 2021”, kata Julius.

Lebih lanjut, Julius menambahkan kinerja gemilang KKKS yang melampaui target APBN 2021 menunjukkan bahwa meskipun ada keterlambatan penambahan produksi migas dari proyek hulu migas, di sisi lain operasional produksi dapat dijaga secara optimal.

Hal ini menunjukkan bahwa koordinasi dan sinergi antara SKK Migas dan KKKS terus meningkat. Terlebih implementasi sistem secara digital melalui penambahan modul-modul di integrated operation center (IOC) sehingga pengawasan SKK Migas terhadap operasional dan proyek KKKS tetap bisa dilaksanakan secara optimal.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement