Presiden Cina Xi Jinping Dikabarkan Absen pada KTT COP26 di Glasgow

Happy Fajrian
26 Oktober 2021, 13:57
cop26, cina, xi jinping, ktt iklim, perubahan iklim
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/aww/cf
Presiden Cina Xi Jinping dikabarkan bakal absen di KTT Iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia.

Presiden Cina Xi Jinping dikabarkan bakal absen pada konferensi tingkat tinggi (KTT) iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, pada Minggu (31/10). Padahal, Cina merupakan penghasil gas rumah kaca terbesar di dunia yang memiliki peran besar dalam upaya pencegahan perubahan iklim.

Di sisi lain, para pemimpin negara-negara penghasil gas rumah kaca terbesar di dunia akan berkumpul di acara itu untuk membicarakan rencana dan pendanaan untuk lebih mendorong penggunaan energi bersih di dunia.

Pengamat iklim menilai kemungkinan absennya Xi pada COP26 menunjukkan bahwa negara penghasil CO2 terbesar di dunia ini telah memutuskan bahwa mereka tidak memiliki konsesi lagi untuk ditawarkan setelah tiga janji iklim besar yang telah dicetuskan sejak tahun lalu. Salah satunya yaitu mencapai netralitas karbon pada 2060.

Sebaliknya, Cina kemungkinan akan diwakili oleh menteri lingkungan Zhao Yingmin bersama utusan iklimnya Xie Zhenhua. “Satu hal yang jelas, COP26 membutuhkan dukungan tingkat tinggi dari Cina dan penghasil emisi lainnya,” kata penasihat iklim Greenpeace Beijing, Li Shuo, seperti dikutip Reuters, Selasa (26/10).

Sementara pimpinan negara penghasil gas rumah kaca terbesar ketiga dunia, India, Narendra Modi, berkomitmen untuk hadir di KTT COP26. Seperti para pemimpin lainnya, ia akan mendapat tekanan dari penyelenggara KTT untuk meningkatkan upaya pengurangan emisi yang lebih cepat dan menetapkan tenggat untuk bebas karbon.

Pengamat menilai Cina tidak akan mau ditekan untuk menetapkan target yang lebih ambisius dari yang telah mereka tawarkan, terutama karena Negeri Panda tengah bergulat dengan krisis energi yang melumpuhkan. “(Komitmen) Beijing sudah maksimal,” ujar seorang pengamat lingkungan.

Meski belum ada pengumuman resmi apakah Xi bakal absen atau tidak, analis dan sumber diplomatik mengatakan bahwa hanya sedikit pihak yang berharap dia akan hadir di COP26. Apalagi Xi beberapa kali absen pada KTT serupa sejak pandemi Covid-19 merebak pada akhir 2019, dan hanya hadir secara virtual pada Global Biodiversity Conference di Kunming, Cina, awal Oktober.

Xi diperkirakan hadir secara virtual di COP26. Namun jika itu yang terjadi, kecil kemungkinan kehadirannya itu menghasilkan terobosan yang signifikan, terutama setelah Cina menepis upaya Amerika Serikat (AS) untuk memisahkan masalah iklim dari sengketa diplomatik yang saat ini menjerat keduanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...