Obat Molnupiravir untuk Pasien Covid-19 Ringan, Saturasi di Atas 95%

Rizky Alika
27 Oktober 2021, 08:01
molnupiravir, obat covid-19, merck msd,
Antara
Obat Covid-19 Molnupiravir yang dikembangkan Merck MSD.

Indonesia direncanakan menerima obat Covid-19 Molnupiravir pada akhir tahun ini. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, obat ini akan diberikan untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan, dengan saturasi oksigen darah di atas 95%.

Hal ini ditujukan untuk mencegah pasien dirawat di rumah sakit. "Molnupiravir diberikan untuk orang dengan gejala yang ringan, bukan orang sudah masuk rumah sakit," kata Budi dalam konferensi pers daring, Selasa (26/10).

Menurutnya, obat buatan raksasa farmasi Merck & Co. (Merck MSD) itu dapat mengurangi risiko rawat inap atau kematian pasien sebesar 50% terhadap plasebo. Selain itu juga mampu melawan varian Covid-19 seperti Delta, Gamma, dan Mu.

Molnupiravir diberikan dengan dosis 2 x 800 mg selama 5 hari atau setara 40 tablet oral masing-masing 200 mg untuk 1 kali siklus terapi.

Budi menambahkan, Indonesia diharapkan bisa mendatangkan Molnupiravir pada Desember 2021. Selain itu, pemerintah juga melobi Merck untuk memproduksi Molnupiravir di Tanah Air.

Untuk itu, pemerintah telah mendekati Merck MSD dan sejumlah pabrik farmasi di seluruh dunia yang mendapatkan lisensi untuk membeli Molnupiravir.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...