KKP Lepas Ekspor 19 Ribu Ton Ikan ke 44 Negara Senilai Rp 1,2 Triliun

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 Oktober 2021, 08:51
ekspor, perikanan, kkp,
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/wsj.
Pekerja mengasinkan ikan hasil tangkapan nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN), Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (24/3/2021).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepas ekspor 19.145 ribu ton dan 1,2 juta ekor ikan sehat bermutu dari berbagai daerah ke pasar dunia. Total nilai produk ini menembus US$ 88,24 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Produk itu diberangkatkan dari Instalasi KIPM Puspa Agro Sidoarjo ini, menandai kegiatan 'Indonesia Satu Ekspor ke-22' yang dilakukan oleh Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).

"Tentu ini sebuah kegiatan yang patut kita syukuri bersama, karena momen ini bertepatan dengan peluncuran Ekonomi Biru, Laut Sehat, Indonesia Sejahtera," kata Kepala BKIPM, Rina melalui keterangan resminya, dikutip Kamis (28/10).

Rina menambahkan, selama periode 19-25 Oktober 2021, jajarannya di 46 unit pelaksana teknis (UPT) yang tersebar di seluruh Indonesia telah menerbitkan 1.379 Health Certifcate (HC). Adapun komoditas perikanan yang diekspor berupa ikan konsumsi dan ikan hias yang berasal dari 29 Provinsi di Indonesia.

Pada Indonesia Satu Ekspor, produk perikanan akan dikirim ke 44 negara tujuan dan diberangkatkan dari 18 pelabuhan laut dan 15 bandar udara. Produk yang dilepas mencapai 38 jenis, mulai dari udang, tuna, hingga ikan hias. "Ekspor ini membuktikan bahwa pandemi tidak menghalangi kita untuk terus memberikan pelayanan optimal," ujar Rina.

Selanjutnya, ia memastikan jajarannya akan tetap bekerja semaksimal mungkin sekaligus memperkuat sinergitas dengan para pemangku kepentingan sektor kelautan dan perikanan. Dia berharap, melalui pelayanan optimal seperti penerbitan sertifikat HC, cara karantina ikan yang baik (CKIB) dan aksi jemput bola ke pelaku usaha, ekonomi masyarakat bisa terus bergerak dan bangkit dari situasi pandemi.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...