Menhub Ajak Perusahaan Logistik Garap Distribusi Produk Kesehatan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 Oktober 2021, 11:38
logistik nasional, produk kesehatan, perusahaan logistik
ANTARA FOTO/Teguh prihatna/Lmo/rwa.
Ilustrasi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para perusahaan logistik dan forwarder untuk menangkap peluang baru yang muncul pada distribusi produk kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Budi menyebut produk kesehatan selain menjadi kebutuhan, juga menjadi pemicu dalam kegiatan ekonomi. Ia menilai investasi sektor logistik dan industri di Asia Pasifik berpeluang besar untuk terus berkembang meski di tengah pandemi Covid-19. Terlebih lagi dengan adanya perang dagang antara Amerika dan Cina.

"Kondisi ini menjadi momentum yang dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke wilayah Asia Pasifik," kata Budi dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (27/10).

Ia mengungkapkan, pemulihan ekonomi nasional terus membaik dan pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren positif hingga kuartal ketiga tahun 2021. Sehingga, meski pandemi berdampak pada semua sektor, namun industri jasa logistik yang berkaitan dengan transaksi business to customer dan customer to customer masih dapat bertahan.

Lebih lanjut, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II tersebut menjelaskan, upaya pemerintah terhadap perbaikan kinerja logistik nasional telah membuahkan hasil. "Distribusi komoditas mengalami peningkatan di masa pandemi hingga 70%, dengan posisi angkutan barang sebanyak 35,8 juta," katanya.

Indeks kinerja logistik (LPI) Indonesia meningkat dari peringkat 63 pada tahun 2016 menjadi peringkat 46 pada tahun 2018, dengan indeks LPI mencapai 3,15, atau menjadi yang tertinggi selama 10 tahun terakhir.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...