ESDM Buka Tender Proyek Cisem Mulai November, Berlangsung Empat Bulan

Image title
4 November 2021, 17:23
proyek cisem, kementerian esdm, lelang proyek
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Ilustrasi pipa gas.

Kementerian ESDM akhirnya membuka tender terbuka untuk pembangunan proyek transmisi pipa gas ruas Cirebon-Semarang (Proyek Cisem) mulai bulan ini. Adapun proses tender akan berlangsung sekitar tiga hingga empat bulan.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi Noor Arifin Muhammad mengatakan saat ini pihaknya tengah menunggu persiapan kelengkapan untuk lelang. Pelaksanaan lelang adalah UKPBJ KESDM di bawah Biro Umum Kementerian ESDM.

"Kurang lebih tiga sampai empat bulan karena lelang design and build. Dimulai dalam November ini," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (4/11).

Untuk diketahui, pelaksanan kegiatan ini akan menggunakan skema layanan pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun (Design and Build) dengan Kontrak Tahun Jamak (Multiyears Contract).

Pelaksanaan kegiatan proyek ini sendiri dimulai pada Tahun Anggaran 2022 dengan nilai proyek sebesar Rp 1,14 triliun. Lingkup pekerjaan akan dimulai dari pembangunan Pipa Transmisi Gas Ruas Semarang-Batang sepanjang kurang lebih 62 kilometer (km).

Seperti diketahui, Kementerian ESDM memutuskan untuk melanjutkan pembangunan proyek Cisem dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Meski begitu, keputusan tersebut ditentang oleh regulator di sektor hilir periode sebelumnya.

Bahkan proyek ini sudah dimasukkan dalam RAPBN 2022 yang sempat dibahas dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR beberapa waktu lalu. Berdasarkan data paparan, proyek Cisem ini nantinya terbagi ke dalam dua tahun anggaran.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...