PLN Bangun Infrastruktur Rp 82,4 Miliar Demi Tarik Investor ke Sumut

PLN menggelontorkan dana Rp 82,4 miliar untuk mengoperasikan gardu induk 150 kV di Kabupaten Simalungun untuk meningkatkan keandalan listrik dan menarik investasi.
Image title
9 November 2021, 15:26
pln, listrik, investasi, infrastruktur
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Ilustrasi infrastruktur kelistrikan.

PLN menggelontorkan investasi hingga Rp 82,4 miliar untuk mengoperasikan gardu induk (GI) 150 kilo Volt (kV) Negeri Dolok Bay Trafo TD 1 sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA) di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Langkah ini supaya pasokan listrik di wilayah tersebut semakin handal.

Dengan pasokan listrik yang andal diharapkan dapat menarik masuknya investasi. Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) 3 Alfredo Pakpahan menyampaikan, PLN berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi di Simalungun.

Dengan masuknya investasi, dia berharap pertumbuhan ekonomi di kawasan ini dapat terakselerasi dan mengangkat ekonomi warga Simalungun dan sekitarnya.

"Kami berharap nantinya bakal menarik investor untuk berinvestasi membangun industri menengah dan besar, sehingga peluang kerja bisa semakin terbuka lebar di kawasan yang akan mendapat pasokan listrik dari gardu induk ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11).

Beroperasinya GI 150 kV Negeri Dolok Bay Trafo TD 1 sebesar 30 MVA di Pardomuan Tongah, Silau Kahean, Simalungun, sistem dan keandalan suplai listrik PLN di kawasan Simalungun dan sekitarnya akan semakin terjamin. Sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan baru dalam skala besar seperti industri.

Sementara, proses energize atau pemberian tegangan GI 150 kV Negeri Dolok yang terhubung dengan GI 150 kV Galang telah dilakukan pada Jumat lalu (5/11).

Sebelum GI 150 kV Negeri Dolok dibangun dan beroperasi, sudah ada GI 150 kV 1 bay trafo yang beroperasi. Dengan tambahan 1 bay trafo lagi, maka keandalan sistem kelistrikan di Simalungun akan semakin meningkat.

Alfredo menilai, keberhasilan ini menjadi satu tonggak penting bagi PLN, sekaligus menjadi kabar baik bagi masyarakat di Sumut karena keandalan pasokan listrik dari PLN semakin terjamin.

"Hari ini sekitar pukul 14.52, telah dilakukan energize dengan lancar GI 150 kV Negeri Dolok Bay Trafo TD 1 (30 MVA), dan saat ini tegangan sudah sampai di Busbar 20 kV kubikel Bay Trafo TD 1," ujarnya.

Beroperasinya GI 150 kV Negeri Dolok, menurut dia membuktikan tekad PLN meningkatkan keandalan sistem elektrifikasi di seluruh penjuru negeri. Meskipun pandemi Covid-19 masih belum usai.

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, realisasi investasi ke Indonesia sebesar Rp 442,8 triliun pada semester I-2021. Jumlah itu naik 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari jumlah itu, sebanyak Rp 214,53 triliun atau 48,5% realisasi investasi berada di Jawa. Realisasi investasi ke Sumatera tercatat sebesar Rp 47,86 triliun atau 21,7%.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait