Harga Batu Bara RI Diramal Turun Usai Sentuh Rekor US$ 215 per Ton

Happy Fajrian
9 November 2021, 13:16
harga batu bara
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang,Sumatera Selatan, Rabu (15/1/2020).

Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) memprediksi harga batu bara acuan (HBA) Indonesia turun pada Desember 2021, atau berada di bawah level November 2021 yang mencapai US$ 215,01 per ton.

Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia mengatakan harga batu bara acuan pada November merupakan rerata dari empat indeks pembentuk harga batu bara acuan pada Oktober yang cukup tinggi.

"Sehingga, untuk Desember, kemungkinan tidak lebih tinggi dari HBA November karena di November tren harga menunjukkan penurunan," ujarnya, Selasa (9/11).

Sebelumnya, Kementerian ESDM menyatakan HBA November 2021 menyentuh angka US$ 215,01 per ton atau naik 33% dibandingkan harga Oktober 2021 US$ 161,63 per ton. Harga November ini merupakan level HBA tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Kenaikan harga batu bara acuan disebabkan permintaan dari Cina meningkat menyusul mulai memasuki musim dingin serta kondisi cuaca buruk, sehingga kegiatan produksi dan transportasi batu bara di provinsi produsen batu bara terganggu.

Faktor komoditas lain, seperti kenaikan harga gas alam juga memiliki pengaruh dalam menentukan harga batu bara global. Simak perkembangan harga batu bara acuan Indonesia pada databoks berikut:

Sepanjang Oktober 2021, Cina mengimpor batu bara sebanyak 27 juta ton atau naik 96,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan jumlah impor itu disebabkan kebutuhan energi yang cukup tinggi imbas pemulihan ekonomi, sehingga kebutuhan batu bara untuk listrik dan industri naik signifikan.

Dalam upaya mengendalikan harga batu bara, pemerintah Cina mengambil beberapa kebijakan strategis mulai dari mendorong peningkatan produksi dalam negeri hingga membatasi harga komoditas. "Saat ini, Pemerintah Cina melakukan intervensi kebijakan yang mempengaruhi harga yang trennya terus menurun," tutur Hendra.

Mengutip Bloomberg, harga batu bara di ICE Newcastle (Australia) untuk pengiriman November 2021 kini berada di level US$ 163 per ton, turun 41,78% dari level tertingginya pada Oktober 2021 US$ 280 per ton, bahkan sempat menyentuh level US$ 140,9 seminggu yang lalu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...