COP26: Volvo, Ford, Mercedes, Jaguar Setop Produksi Mobil BBM di 2040

Happy Fajrian
10 November 2021, 17:03
cop26, otomotif, mobil, bahan bakar fosil, emisi karbon
ANTARA FOTO/REUTERS/Radovan Stoklasa/hp/cf
Ilustrasi pabrik mobil.

Enam produsen otomotif dunia sepakat untuk menghentikan produksi kendaraan bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) yang berbahan bakar minyak (BBM) pada 2040 sebagai upaya untuk memangkas emisi karbon.

Adapun keenam perusahaan otomotif tersebut, yakni Volvo, Ford, General Motors (GM), Mercedes-Benz, BYD, dan Jaguar Land Rover, akan menandatangani komitmen ini pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, Rabu (10/11).

Sejumlah negara juga sepakat untuk memulai transisi menuju 100% kendaraan listrik pada 2035. Namun Cina, yang merupakan pasar otomotif terbesar di dunia, dan Amerika Serikat (AS), ekonomi terbesar dunia dan pasar otomotif terbesar setelah Cina, tidak ikut menyepakati komitmen ini.

Sejumlah produsen otomotif ternama yang memiliki pangsa pasar besar di industri otomotif global seperti Toyota, Volkswagen, yang merupakan penguasa pangsa pasar otomotif global, kemudian Stellantis, Honda, Nissan, BMW, dan Hyundai tak ikut menandatangani komitmen ini.

Menurut data International Energy Agency (IEA), alat transportasi, mulai dari mobil, truk, kapal, bus, hingga pesawat terbang, berkontribusi terhadap sekitar 25% emisi karbon global. Sebagian berasal dari kendaraan yang beredar di jalan raya.

"Empat negara baru, termasuk Selandia Baru dan Polandia, bergabung dengan negara lainnya yang telah berkomitmen untuk memastikan semua mobil yang diproduksi bebas emisi pada 2040 atau lebih awal," tulis pernyataan pemerintah Inggris yang menjadi penyelenggara COP26, dikutip Reuters, Rabu (10/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...