PLN Pulihkan 242 Gardu Listrik Terdampak Kebakaran di Kilang Cilacap

Image title
15 November 2021, 11:48
kilang cilacap, pln, listrik, kebakaran
ANTARA/Sumarwoto
Kobaran api dari kebakaran Tangki 36 T-102, Kilang Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) pagi.

PLN (Persero) UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Cilacap berhasil memulihkan jaringan listrik di wilayah Kilang Cilacap. Terdapat 242 gardu yang terdampak pemadaman listrik terutama setelah munculnya AFF Foam atau Aqueous Film Forming Foam (AFFF) di sekitar area tangki kilang, pada Minggu (14/11) pukul 12.00 WIB.

Manager UP3 Cilacap Bramantyo Anggun Pambudi menjelaskan, langkah pengamanan jaringan yang dilakukan ini demi menjaga aset instalasi PLN. Khususnya agar tidak berdampak kerusakan lebih besar yang akan mempengaruhi pelayanan pada pelanggan.

"AFF foam yang digunakan untuk memadamkan api banyak berterbangan di udara, sehingga dikhawatirkan mengganggu jaringan dan aset instalasi PLN," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (15/11).

Adapun dari 242 gardu yang terdampak pemadaman pada 12.00 WIB, tim PLN UP3 Cilacap berhasil memulihkan pasokan listrik bertahap kepada 10.890 pelanggan hingga pukul 17.00 WIB.

Selain itu, untuk mencegah gangguan dari sisi foam pemadaman area kilang yang terbakar, tim UP3 PLN juga langsung melakukan pengecekan pada 80 trafo yang mengalirkan listrik ke sekitar 3.500 pelanggan.

Setelah petugas melakukan pengecekan kondisi jaringan, pihaknya langsung melakukan penormalan secepatnya dengan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan.

Beberapa daerah yang terdampak pemadaman antara lain yakni sekitar jalur Jalan M.T. Haryono, Banjaran, Jalan Kalisapu, Kawasan Industri, Jalan Flores, Jalan Kalimantan, Perum Sidanegara, Jalan Suasa, Jalan Thamrin, Donan, dan sekitarnya.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan, untuk informasi lebih lanjut mengenai gangguan listrik, pelanggan dapat menggunakan aplikasi PLN mobile atau dapat menghubungi Contact Centre PLN 123," kata dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...