PGN Alirkan Gas ke 23.570 SR Jargas di Probolinggo dan Pasuruan

Image title
19 November 2021, 11:46
pgn, jaringan gas, gas, gas rumah tangga, migas
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Warga yang baru mendapat sambungan gas rumah tangga beraktifitas rumahnya.

PGN tahun ini telah mengalirkan perdana gas (gas in) ke 23.570 sambungan rumah (SR) dalam jaringan gas untuk rumah tangga (jargas) di wilayah Pasuruan dan Probolinggo.

PGN Area Head Pasuruan Heri Frastiono menjelaskan, pengaliran gas perdana mendukung program pemerintah dalam program bauran energi. Pasalnya, jargas merupakan bentuk tersedianya pilihan sumber energi.

Sehingga, hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Pasuruan dan Probolinggo. Menurut dia Jargas memiliki nilai lebih, diantaranya yaitu aman dengan layanan patroli pemeliharaan jaringan gas, bersih, dan stok yang selalu tersedia sepanjang waktu.

"PGN Area Pasuruan merupakan bagian dari PGN Sales & Operation Region III (SOR III) yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi dan Papua Barat, dengan keseluruhan Panjang pipa 1.246 km," kata Heri dalam keterangan tertulis, Jumat (19/11).

Di seluruh SOR III, jumlah pelanggan rumah tangga (city gas) adalah sebanyak 98.568 Sambungan Rumah (SR) dengan volume 1,54 bBtud, Pelanggan Komersial dan Industri 566 pelanggan (123.82 bBtud), dan 2 Pelanggan Korporat (17.26 bBtud).

Adapun penyaluran gas bumi untuk Kota Pasuruan dialirkan melalui 7 Regulator Station kepada 10 Kelurahan  (Tembokrejo, Sekargadung, Purutrejo, Wirogunan, Bakalan, Bugul Kidul, Krampyangan, Petamanan, Kandangsapi dan Pekuncen) di 3 Kecamatan (Purworejo, Bugul Kidul dan Panggungrejo) dengan total 7.003 SR.

Sedangkan di Kabupaten Pasuruan dialirkan gas bumi melalui 8 Regulator Station kepada 5 Kelurahan di 2 Kecamatan (Purwosari dan Sukorejo) dengan total 5.750 SR.

Untuk di Kota Probolinggo, gas bumi telah dialirkan melalui 5 Regulator Station kepada 4 Kelurahan (Pilang, Ketapang, Triwung Lor dan Triwung Kidul) di Kecamatan Kademangan dengan total 5.080 SR.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...