Austria Kembali Lockdown, Warga Diwajibkan Vaksinasi Covid-19

Happy Fajrian
20 November 2021, 09:26
lockdown, austria, covid-19, eropa
ANTARA FOTO/REUTERS/Leonhard Foeger
Austria.

Austria akan kembali memberlakukan penguncian wilayah atau lockdown mulai Senin (22/11) imbas terus melonjakknya kasus Covid-19. Ini akan menjadi lockdown yang keempat kalinya di negara ini sejak pandemi ini dimulai.

Kanselir Austria, Alexander Schallenberg mengumumkan bahwa lockdown akan diberlakukan di seluruh negeri dan akan berlangsung maksimal 20 hari. “Tapi pada awalnya akan diberlakukan selama 10 hari. Vaksinasi akan menjadi wajib mulai 1 Februari 2022” ujarnya pada konferensi pers, Jumat (19/11), seperti dikutip dari CNBC.com.

Advertisement

Pada Kamis (18/11), Austria mencatatkan 15.145 kasus baru Covid-19. Ini mernjadi rekor tertinggi baru untuk tes positif harian. Rawat inap, kematian, dan jumlah pasien Covid-19 di ruang perawatan intensif (intensive care unit/ICU) juga meningkat pesat.

Sekitar 65% populasi Austria telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19. Schallenberg mengatakan bahwa tingkat vaksinasi ini masih sangat rendah. Austria merupakan negara dengan tingkat vaksinasi terendah kedua di Eropa barat setelah Liechtenstein.

Kantor Pers Austria melaporkan bahwa para menteri pemerintah sedang bernegosiasi hingga Jumat dini hari untuk menghasilkan tindakan yang dapat membantu mengekang krisis Covid-19 di Austria. Simak databoks berikut:

Menerapkan penguncian di seluruh negeri menandai perubahan besar yang signifikan bagi kanselir Austria, yang mengatakan kepada wartawan minggu lalu bahwa dua pertiga populasi yang telah menerima imunisasi tidak akan dipaksa untuk menunjukkan "solidaritas" dengan yang tidak divaksinasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement