Temuan Varian Baru Covid-19, WHO Peringatkan Dunia Batasi Perjalanan

Happy Fajrian
26 November 2021, 20:03
covid-19, varian b.1.1.529, who
ANTARA/Shutterstock
Ilustrasi, logo WHO.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyarankan agar seluruh negara berhati-hati dalam menerapkan pembatasan perjalanan setelah varian baru Covid-19 bernama B.1.1.529 ditemukan. Mereka mengimbau agar kebijakan tersebut diterapkan berbasis risiko dan menggunakan pendekatan ilmiah.

WHO menggelar pertemuan tertutup di Jenewa, Swiss, hari ini untuk memutuskan apakah varian baru Covid-19 B.1.1.529 merupakan varian of interest atau variant of concern, dan apakah mutasi varian ini resisten terhadap vaksin.

Advertisement

Otoritas global bereaksi dengan waspada terhadap varian ini. Sejumlah negara di Uni Eropa, dan Inggris telah memperketat kontrol perbatasannya. Sejumlah negara di Asia pun telah memperketat aturan perjalanan dan mempertimbangkan untuk menutup perbatasan.

“Pada titik ini penerapan langkah-langkah perjalanan diperingatkan. WHO merekomendasikan agar negara-negara menerapkan pendekatan berbasis risiko dan ilmiah ketika menerapkan kebijakan itu,” kata juru bucara WHO Christian Lindmeier seperti dikutip Reuters, Jumat (26/11).

Sebab, perlu beberapa minggu untuk mengidentifikasi penularan varian baru ini, dan efektivitas vaksin dan terapi terhadapnya. Sejauh ini WHO telah mengidentifikasi 100 urutan varian Covid-19 yang telah dilaporkan.

“Orang-orang harus terus memakai masker bila memungkinkan, menghindari pertemuan besar, ventilasi ruangan dan menjaga kebersihan tangan,” kata Lindmeier.

Ahli epidemiologi dan pimpinan teknis WHO untuk Covid-19 Maria van Kerkhove mengatakan bahwa tak banyak informasi yang diketahui tentang varian baru ini. “Yang pasti, varian ini memiliki jumlah mutasi yang besar. Banyaknya mutasi mempengaruhi perilaku virus tersebut,” ujarnya.

Lindmeier mengatakan bahwa kelompok penasihat teknis badan PBB dan pakar evolusi virus lainnya sedang berunding dengan para peneliti Afrika Selatan.

Negara Asia dan Eropa Kembali Perketat Perbatasan

Sejumlah negara di Asia dan Eropa kembali memperketat pintu masuknya usai varian baru Covid-19 bernama B.1.1.529 muncul di Afrika Selatan. Mutasi baru ini bahkan telah ditemukan di Botswana hingga Hong Kong.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement