Cina Minta Setop Pengeboran, RI Perkuat Keamanan Wilayah Migas Natuna

Image title
3 Desember 2021, 10:44
blok tuna, laut natuna, blok migas, natuna
Katadata
Ilustrasi rig migas lepas pantai.

Pemerintah RI menjamin keamanan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang saat ini tengah melakukan kegiatan eksplorasi migas di wilayah perairan Kepulauan Natuna. Ini menyusul gertakan Cina yang meminta kegiatan pengeboran migas di wilayah tersebut dihentikan.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Basilio Dias Araujo menilai permintaan Cina tersebut merupakan hal yang biasa dalam dunia diplomasi dan tidak mengancam kelangsungan eksplorasi SKK Migas dengan kontraktor asal Inggris, Premier Oil, yang tengah mengembangkan Blok Tuna di perairan Natuna.

Advertisement

Selain itu, Indonesia juga tidak mempunyai perbatasan laut langsung dengan negara Cina. Indonesia melakukan kegiatan eksplorasi masih di dalam wilayah landas kontinen yang menjadi hak Indonesia.

"Saya tidak paham dasar hukum apa yang dipakai Cina untuk protes kegiatan eksplorasi minyak di dalam landas kontinen Indonesia," kata Basilio kepada Katadata.co.id, Jumat (3/12).

Menyikapi hal itu, pemerintah akan bersikap sesuai ketentuan hukum laut internasional. Bahwasanya kegiatan eksplorasi yang saat ini dikerjakan masih berada di dalam wilayah landas kontinen Indonesia.

"Kita sudah taruh angkatan laut dan Bakamla untuk mengamankan kegiatan eksplorasi SKK Migas di sana yang juga sesuai dengan aturan nasional kita," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement