SKK MIgas Klaim Insentif Pemerintah Sukses Kerek Produksi Blok Mahakam

Image title
3 Desember 2021, 16:07
blok mahakam, produksi migas, insentif
Arief Kamaludin|KATADATA
Suasana North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara.

Pemberian insentif pada pertengahan tahun ini diklaim berhasil meningkatkan produksi migas Blok Mahakam. Setidaknya produksi dari blok migas ini telah berada di atas 50.000 barel setara minyak per hari (barrel of oil equivalent per day/boepd).

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan realisasi produksi di Blok Mahakam setelah mendapatkan insentif dari pemerintah membuktikan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan produksi yakni dengan memberikan perhatian lebih dalam kegiatan operasi produksi migas melalui insentif.

Advertisement

"Kami bersyukur dengan capaian ini. Ini membuktikan bahwa insentif merupakan katalis positif pada kinerja Kontraktor KKS," ujar Julius melalui keterangan tertulis, Jumat (3/12).

General Manager PT Pertamina Hulu Mahakam, Agus Amperianto, mengatakan pihaknya selama ini sudah menerima beberapa insentif dari pemerintah. seperti perubahan First Tranche Petroleum (FTP) dari 20% menjadi 5%, investment credit 17%, dan depresiasi dipercepat pada tahun terakhir kontrak bagi hasil (PSC).

Pada Mei lalu, Pertamina Hulu Mahakam juga menerima insentif berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tubuh bumi serta insentif pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) hulu migas.

"Dengan adanya insentif yang diberikan, PHM berhasil melakukan pengeboran sumur-sumur development lebih banyak. serta menjamin keberlanjutan rencana pengembangan lapangan, program Handil Water Flood, persiapan menuju program Enhanced Oil Recovery (EOR) Lapangan Handil dan juga program eksplorasi,” kata Agus.

Adapun insentif yang diberikan pemerintah, memungkinkan Pertamina Hulu Mahakam melakukan pengeboran sumur pengembangan baru sebanyak 540 sumur dari perkiraan awal hanya 17 sumur.

Menurut dia, tanpa adanya insentif, maka produksi Blok Mahakam akan turun secara signifikan mulai tahun ini karena sangat terbatasnya program pengeboran dan pengembangan baru.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement