Cegah Penyebaran Omicron, Malaysia Perketat Perjalanan Darat - Udara

Cahya Puteri Abdi Rabbi
8 Desember 2021, 08:19
omicron, malaysia, tes covid-19,
ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/rwa/cf
Suasana jalan kosong saat "lockdown" akibat penyebaran Covid-19 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Malaysia mulai hari ini, Rabu (8/12), memperketat pengetesan Covid-19 bagi pendatang yang masuk melalui vaccinated travel lanes (VTL) baik darat maupun udara. Pendatang diwajibkan menjalani tes Covid-19 setiap hari, selama enam hari setelah kedatangan untuk mencegah penyebaran varian Omicron.

Persyaratan baru ini juga berlaku bagi mereka yang datang ke Malaysia melalui tiba di bawah gelembung perjalanan internasional Langkawi (Langkawi International Travel Bubble/LITB) dan One Stop Center untuk pengunjung bisnis jangka pendek.

Dilansir dari Channel News Asia (CNA) Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan, pendatang harus harus menjalani tes deteksi Covid-19 setibanya di Malaysia, tes RTK-Ag atau tes antigen cepat (self-test) pada hari kedua, keempat dan keenam setelah kedatangan.

"Selain itu, para wisatawan juga harus menjalani tes RTK-Ag profesional pada hari ketiga dan kelima setelah tiba," ujar Khairy dikutip dari CNA, Rabu (8/12).

Secara terpisah, Kementerian Kesehatan Malaysia mengatakan bahwa, tes RTK-Ag atau yang setara dengan antigen rapid test (ART) yang tersedia di Singapura, yang dikelola secara profesional, masih diterima untuk persyaratan pra-keberangkatan bagi mereka yang bepergian melalui VTL darat.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...