Sempat Terganggu, Pasokan Gas Industri Palembang dan Jatim Kini Normal

Image title
8 Desember 2021, 12:30
gas industri, kementerian esdm, gas bumi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi pekerja memantau jaringan gas (jargas) di Offtake Kalisogo, Jawa Timur.

Kementerian ESDM memastikan penyaluran gas bumi untuk sektor industri di Palembang dan Jawa Timur saat ini telah kembali normal. Hal ini merespon keluhan pelaku usaha terkait rendahnya pasokan gas industri di dua wilayah tersebut.

Direktur Pembinaan Program Migas Kementerian ESDM, Dwi Anggoro Ismu kurnianto mengakui pasokan gas bumi untuk wilayah Palembang beberapa waktu lalu sempat mengalami gangguan. Terutama gas yang berasal dari Blok Corridor (ConocoPhillips). Namun untuk saat ini, dia memastikan bahwa permasalahan tersebut telah teratasi.

Begitu juga dengan pasokan gas bumi di wilayah Jawa Timur yang beberapa waktu lalu sempat mengalami gangguan. Terutama di sektor hulu yang berasal dari Energi Mega Persada di Blok Kangean serta Minarak Brantas. "Juga sudah berlangsung pulih," katanya kepada Katadata.co.id, Rabu (8/12).

Menurut Ismu dalam Keputusan Menteri ESDM sudah ditetapkan volume gas dari Wilayah Kerja tertentu, terutama yang mendapatkan penyesuaian harga gas dengan mengambil porsi bagian negara.

Sehingga apabila terjadi gangguan pasokan dari hulu seperti di Blok Corridor dan Blok Kangean, maka Badan Usaha Niaga akan membagi pasokan gas yang tersedia untuk konsumennya secara prorata. Akibatya konsumen harga gas bumi tertentu (HGBT) harus membeli gas dengan harga komersial.

"Ditjen Migas dan SKK Migas berkoordinasi untuk melakukan pengaturan dan mempercepat maintenance agar tidak berdampak signifikan terhadap pengguna HGBT," ujarnya. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...