Progres PLTU Sumsel 8 Capai 93,85%, Siap Beroperasi Kuartal I 2022

Image title
10 Desember 2021, 13:40
pltu, bukit asam, ptba,
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Pekerja menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumsel 8 di Tanjung Lalang, Tanjung Agung, Muara Enim, Sumatera Selatan, Selasa (16/11/2021).

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengungkapkan bahwa progres proyek PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 telah mencapai 93,85%. Perusahaan optimistis PLTU ini dapat beroperasi penuh secara komersial pada Maret 2022.

Direktur Utama PT Bukit Asam (PTBA) Suryo Eko menargetkan tahap commissioning PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 dapat dilakukan pada kuartal I 2022. Meski demikian, hal itu juga masih tergantung pada kesiapan PLN yang posisinya sebagai offtaker atau pembeli utama listrik dalam negeri.

"Tapi juga sangat bergantung pada sisi PLN. Kalau dari sisi pembangkit kita siap kuartal 1 2022 untuk beroperasi baik itu dari kesiapan batu bara dan pembangkitnya," kata Eko dalam konferensi pers kinerja Bukit Asam, Jumat (10/12).

PLTU Sumsel 8 berkapasitas 2x620 MW dan merupakan proyek strategis PTBA dengan nilai proyek mencapai US$ 1,68 miliar. PLTU ini merupakan bagian dari proyek 35 ribu MW dan dibangun oleh PTBA melalui PT Huadian Bukit Asam Power (PT HBAP) sebagai Independent Power Producer (IPP).

HBAP merupakan perusahaan patungan antara PTBA dengan China Huadian Hongkong Company Ltd. Proyek PLTU ini nantinya membutuhkan 5,4 juta ton pasokan batu bara per tahun. Pembangkit listrik ini diharapkan bisa beroperasi penuh secara komersial pada kuartal I- 2022.

Eko mengklaim PLTU Sumsel 8 menggunakan teknologi ramah lingkungan yakni super critical. Dalam rangka menekan emisi gas buangnya, PLTU Sumsel 8 juga menerapkan teknologi flue gas desulfurization (FGD) yang digunakan untuk meminimalkan sulfur dioksida dari emisi gas buang PLTU.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...