PGN Tunggu Arahan Pemerintah Terkait Proyek Cisem Ruas Batang-Cirebon

Image title
20 Desember 2021, 12:43
proyek cisem, pgn, pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi proyek pipa gas.

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) hingga kini masih menanti arahan pemerintah terkait pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (Proyek Cisem), khususnya untuk proyek dari ruas Batang ke Cirebon.

Direktur Utama PGN, Muhamad Haryo Yunianto mengatakan pihaknya belum dapat memastikan akan terlibat dalam proses pembangunan ruas Batang-Cirebon. Namun yang pasti, PGN berpotensi untuk menggarap proyek pipa transmisi gas Cisem tahap I yakni dari ruas Semarang-Batang.

Advertisement

Pasalnya, perusahaan juga telah melakukan penandatanganan Heads of Agreement (HOA) penyediaan pasokan dan infrastruktur gas bumi. Terutama dengan Kawasan Industri Kendal (KIK) dan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

"Kami sudah lakukan HOA dengan investor industri Batang dan Kendal. Jadi tahap satu dari Semarang ke Batang. Dari Batang ke Cirebon kami mengikuti atau menunggu arahan Kementerian ESDM," ujar Haryo dalam Energy Corner, Senin (20/12).

Adapun untuk proyek Cisem tahap satu ini, Kementerian ESDM bakal memulai proses pengadaaan pada awal 2022, mengingat wilayah Kendal dan Batang tengah dilakukan pengembangan industri yang cukup masif.

Selain itu, Presiden Joko Widodo menurutnya juga mengharapkan supaya kawasan industri Batang dapat bekerja sama dengan beberapa BUMN. Sehingga bisa menjadi pola baru pengembangan kawasan industri dengan satu kolaborasi di dalam penyediaan energi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement