Buru Cadangan Migas Nonkonvensional, PHR Bor Dua Sumur di Blok Rokan

Image title
4 Januari 2022, 16:05
blok rokan, migas nonkonvensional, pertamina
/home/ubuntu/Pictures/antarafoto/cropping/production/original/ANT20190926167.jpg

Pertamina Hulu Rokan (PHR) saat ini tengah gencar menggenjot peningkatan produksi melalui pencarian cadangan migas nonkonvensional dan berencana mengebor dua sumur eksplorasi baru di Blok Rokan.

Direktur Utama PHR, dan Jaffee A. Suardin menjelaskan terdapat peluang pengembangan migas nonkonvensional di Central Sumatra Basin Blok Rokan berupa potensi minyak dan gas pada kedalaman lebih dari 6.000 kaki (1.828 meter) di struktur North Aman, South Aman dan Rangau Trough.

PHR telah berdiskusi dengan SKK Migas untuk penyusunan termin fiskal untuk migas nonkonvensional. “Telah dilaksanakan FGD Bersama SKK Migas dalam rangka penyusunan fiscal term migas nonkonvensional pada Desember 2021,” kata dia di Wilayah Kerja Rokan, Riau Selasa (4/1).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto berharap PHR dapat serius memulai pengembangan migas nonkonvensional di Indonesia. Pasalnya, potensi migas nonkonvensional ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap capaian produksi minyak 1 juta barel per hari (bopd) dan produksi gas 12 miliar kaki kubik per hari (bscfd) pada 2030.

Dwi berharap potensi dari migas nonkonvensional dapat mendongkrak produksi migas nasional mulai 2026-2027 mendatang. "Dari dua sumur inilah kita bisa melihat bagaimana perencanaan ke depan untuk bisa MNK ini berkontribusi dalam pencapaian satu juta barel," kata dia.

Sebelumnya, SKK Migas membidik potensi produksi dari migas non konvensional hingga 70 barel per hari (bph). Potensi MNK turut diperhitungkan dalam mengejar target produksi minyak 1 juta bph pada 2030.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...