ESDM: Harga Jual DMO Batu Bara Tetap US$ 70, Tak Ada Rencana Perubahan

Image title
12 Januari 2022, 11:03
batu bara, dmo batu bara, harga batu bara
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang,Sumatera Selatan.

Kementerian ESDM menyatakan belum berencana merubah ketentuan harga jual batu bara yang diperuntukkan untuk sektor pembangkit listrik di dalam negeri. Harga jual mineral hitam ini ke PLN masih tetap mengacu pada ketentuan domestic market obligation (DMO) yang ditetapkan US$ 70 per ton.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin menegaskan harga jual batu bara ke PLN masih akan tetap dengan mekanisme DMO yang berlaku saat ini. Pasalnya, kenaikan harga DMO hanya akan membebani rakyat.

"Sejauh ini tidak ada rencana untuk itu. (Kebijakan DMO) diputuskan di sidang kabinet sejak Maret 2018, kita ikuti saja itu, karena menurut hemat saya beberapa masukan dan beberapa kritik mengatakan ini hak-nya rakyat. Jangan disamakan kalau kita jualan ke luar," kata Ridwan dalam diskusi Economic Challenges, Selasa (11/1) malam.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya menyatakan akan mengevaluasi kebijakan harga jual batu bara untuk PLN. Dalam evaluasi tersebut, nantinya PLN akan membeli batu bara dengan harga pasar. Sehingga harga DMO yang ditetapkan US$ 70 tak berlaku lagi.

Kebijakan ini merupakan salah satu solusi Luhut untuk mengatasi masalah kekurangan pasokan batu bara di pembangkit-pembangkit milik PLN yang kerap terjadi. Agar tidak memberatkan PLN, Luhut menyebut pemerintah akan membentuk Badan Layanan Umum (BLU) yang berfungsi menanggung selisih harga DMO dengan harga pasar yang dibayarkan PLN.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...