Indonesia - Thailand Mulai Produksi Sendiri Obat Covid-19 Molnupiravir

Happy Fajrian
15 Januari 2022, 16:42
molnupiravir, obat covid-19, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono
Ilustrasi obat Covid-19.

Dua negara ASEAN, Indonesia dan Thailand, mulai bergerak memproduksi sendiri obat antivirus Covid-19 molnupiravir. Obat ini akan digunakan untuk memerangi kasus Covid-19 yang terus meningkat yang dipicu oleh varian Omicron.

Menteri Kesehatan Thailand mengatakan mereka akan mengikuti langkah negara-negara lain di kawasan ASEAN yang juga berencana memproduksi sendiri obat tersebut, termasuk negara tetangga di Asia Selatab, Bangladesh dan India.

“Untuk molnupiravir, Government Pharmaceutical Organisation memiliki rencana untuk mengembangkan bersama obat ini dengan Chulaborn Research Institute,” kata Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul, seperti dikutip Straitstimes, Sabtu (15/1).

Ia menambahkan sebuah komite akan dibentuk untuk meneliti dan memproduksi obat tersebut yang akan membantu pemerintah dalam menghadapi gelombang pandemi berikutnya.

Secara terpisah, Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin pada Jumat (14/1) mengatakan pemerintah juga berencana mengembangkan molnupiravir, bekerja sama dengan perusahaan farmasi PT. Amarox Pharma Global, mulai bulan April atau Mei.

Menkes juga meminta perusahaan tersebut mampu membuat Paxlovid untuk pasokan obat Covid-19. Indonesia telah menyetujui penggunaan darurat molnupiravir dan 400.000 pil telah tiba melalui PT. Amarox.

“Kalau bisa segera mendapatkan akses ke obat tersebut akan sangat membantu penanganan Covid-19,” kata Budi dalam keterangan tertulis usai meresmikan PT Amarox Pharma Global di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/1).

Produksi dalam negeri sangat penting lantaran dari pengalaman lonjakan Covid-19 sebelumnya, Indonesia mengalami kesulitan mendapatkan pasokan obat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...