Fasilitas CCUS akan Ditambahkan ke POD Blok Masela dan Sakakemang

Image title
18 Januari 2022, 10:53
ccus, penangkapan karbon, blok masela, skk migas
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

SKK Migas berencana untuk menambahkan fasilitas penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilisation, and storage (CCUS) ke dalam rencana pengembangan (POD) proyek Abadi LNG Blok Masela dan Blok Sakakemang.

Menyusul terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK), SKK Migas terus mengupayakan implementasi teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon atau carbon capture and storage (CCS), dan CCUS di industri hulu migas.

Sebelumnya teknologi CCUS telah dimasukkan ke dalam POD proyek Tangguh LNG untuk Lapangan Ubadari dan Vorwata di Papua Barat.

"Memang yang baru kita setujui tahun lalu POD Ubadari di Tangguh. Ke depan akan banyak POD yang memasukkan scope ini, yang kita identifikasi Abadi Masela, kemudian Sakakemang yang lakukan diskusi internal," kata Deputi Perencanaan SKK Migas, Benny Lubiantara dalam konferensi pers secara virtual, Senin (17/1).

Di sisi lain, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan divestasi Shell di Blok Masela hingga saat ini masih belum terlaksana. Hal tersebut lantaran belum adanya pembeli yang serius untuk masuk menggantikan perusahaan asal Belanda tersebut.

Seperti diketahui, Shell sendiri berencana hengkang dari Blok Masela lantaran investasi di negara lain lebih menguntungkan daripada di Indonesia. Namun hingga sampai saat ini rencana tersebut tak kunjung terealisasi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...