ESDM Temukan Mineral Lain di Lumpur Lapindo Selain Logam Tanah Jarang

Image title
21 Januari 2022, 16:37
lumpur lapindo, logam tanah jarang, badan geologi, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.
Endapan lumpur Lapindo mengering di kolam penampungan di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (29/5/2021).

Badan Geologi Kementerian ESDM menyampaikan lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur tidak hanya mengandung potensi logam tanah jarang, tetapi juga mineral logam lainnya yang disebut critical raw material.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono telah meneliti potensi logam tanah jarang di Lumpur Lapindo sejak 2020. Namun berdasarkan kajian tersebut juga ditemukan potensi critical raw material yang lebih besar dibandingkan potensi logam tanah jarang.

"Ada indikasi keberadaan dari logam tanah jarang ini, selain itu ada logam lainnya termasuk logam critical raw material ini yang jumlahnya lebih besar," kata dia dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (21/1).

Adapun saat ini Badan Geologi bersama Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (TekMIRA) terus melakukan kajian di wilayah tersebut. Sehingga kajian mengenai kandungan logam di lumpur Lapindo masih terus berlangsung.

"Ini adalah kerja sama dengan dua institusi, sehingga perlu koordinasi. Hasilnya perlu diintegrasikan baru selesai akhir tahun kemarin Desember, saat ini sedang diintegrasikan mudah-mudahan bisa tahu seberapa besar potensi logam tanah jarang di Sidoarjo," katanya.

Seperti diketahui, pemanfaatan logam tanah jarang mulai santer terdengar ketika Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan beberapa waktu lalu. Keduanya membicarakan mengenai potensi mineral itu.

Kondisi geografis Indonesia yang terletak di jalur cincin api membuat potensi keberadaan mineral itu sangat besar. Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan PT Timah Tbk juga sedang memulai pengembangannya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...