Kufpec Kuwait Temukan Cadangan Gas dan Kondensat di Blok Anambas

SKK Migas mengungkapkan saat ini Kufpec tengah melakukan pekerjaan uji kandungan lapisan untuk menghitung besaran cadangan gas.
Image title
24 Januari 2022, 11:21
cadangan gas, kufpec, skk migas, blok anambas
Katadata
Ilustrasi.

SKK Migas mengumumkan adanya temuan cadangan gas dan kondensat dari Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company (Kufpec) di sumur Anambas-2X, Blok Anambas. Ini menjadi penemuan pertama sejak blok tersebut dioperasikan oleh perusahaan sejak 2019 lalu.

Deputi Perencanaan SKK Migas, Benny Lubiantara mengatakan saat ini Kufpec tengah melakukan pekerjaan uji kandungan lapisan (Drill Stem Test/DST). Kegiatan DST sendiri untuk menghitung besaran cadangan gas di sumur tersebut.

"Saat ini sedang berjalan drill stem test (DST), yang sudah DST di dua interval, hasilnya ada penemuan gas dan kondensat. Sekarang lanjut DST di tiga interval berikutnya. Mudah-mudahan hasilnya bagus," kata Benny kepada Katadata.co.id, Senin (24/1).

Adapun setelah adanya temuan ini, maka tahapan selanjutnya yang akan dilakukan operator adalah pengeboran sumur delineasi. Hal ini untuk mengetahui batas-batas reservoir. "Setelah urusan eksplorasi selesai, baru masuk rencana pengembangan (POD)," kata dia.

Advertisement

Benny berharap dengan adanya temuan ini, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Indonesia semakin semangat untuk melakukan kegiatan eksplorasi. Mengingat prospektivitas subsurface Indonesia relatif masih baik.

Sementara itu, mengutip Argusmedia.com penemuan cadangan gas ini didapat dari pengeboran sumur eksplorasi Anambas-2X dengan kedalaman total 3.200 m. Kufpec diketahui melakukan dua uji kandungan lapisan di formasi gabus dan formasi Intra Keras.

Pengujian ini menghasilkan laju aliran gabungan yang stabil sebesar 7 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) gas dan 1.240 barel per hari kondensat. Perusahaan pun bermaksud untuk melakukan lebih banyak tes pada formasi lain dalam sumur yang sama.

Seperti diketahui, Blok Anambas dikelola oleh Kufpec setelah memenangkan Lelang Reguler Tahap I periode Februari-April 2019. Adapun hak partisipasi (participating interest/PI) Blok Anambas sepenuhnya dipegang perusahaan. Kufpec resmi mengelola Blok Anambas selama 30 tahun dengan kontrak bagi hasil gross split.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait