Kejagung Periksa Lagi Dirut PT DNK Terkait Korupsi Satelit Kemenhan

Image title
25 Januari 2022, 07:32
korupsi satelit, proyek satelit kemenhan, korupsi, kejaksaan agung
Nuhansa Mikrefin/Katadata
Gedung Kejaksaan Agung.

Kejaksaan Agung kembali melakukan pemeriksaan terhadap saksi inisial SW dari PT Dini Nusa Kusuma terkait (PT DNK) terkait dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan Satelit Slot Orbit 123 derajat Bujur Timur pada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) periode 2015-2021.

Inisial SW merujuk pada Surya Witoelar selaku Direktur Utama PT DNK. Surya sebelumnya sudah diperiksa oleh pihak kejaksaan pada 18 Januari 2021 lalu.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Supardi mengatakan pemeriksaan terhadap Surya merupakan kelanjutan dari pemeriksaan sebelumnya. Pemeriksaan yang belum selesai sebelumnya disebut dilanjutkan pada Senin (24/1).

Saat ditanya apakah pemeriksaan Surya signifikan dalam proses penyidikan, Supardi enggan banyak berkomentar. Supardi hanya menyebut semua saksi yang diperiksa ada relevansi dengan pembuktian diyakini ada hubungannya.

"Saya ga bisa berandai-andai lah yang jelas kita periksa apa yang dia lihat, dengar dan alami. Dikaitkan dengan bukti-bukti yang ditemukan," ujar Supardi saat ditemui Katadata.co.id, Senin (24/1) malam.

Kejaksaan sebelumnya menggeledah apartemen milik Surya. Kejaksaan juga telah menggeledah dua kantor DNK yang terletak di Jalan Prapanca Raya, Jakarta Selatan, dan Panin Tower Senayan City Lantai 18A Jakarta Pusat, pada Selasa (18/1).

Dari hasil penggeledahan, Kejaksaan menyita tiga kontainer plastik dokumen dan 30 barang bukti elektronik. "Kami harus menunggu hasil pemeriksaan forensik," ujar Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Supardi, saat ditemui Katadata.co.id pada Selasa (18/1) malam.

PT DNK merupakan pemegang Hak Pengelolaan Filing Satelit Indonesia untuk dapat mengoperasikan Satelit atau menggunakan Spektrum Frekuensi Radio di Orbit Satelit tertentu.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...