SKK Migas Pastikan Jadwal Onstream 12 Proyek Hulu Migas Tak Tertunda

Image title
25 Januari 2022, 13:04
skk migas, hulu migas, produksi migas, onstream
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Petugas memeriksa pengoperasian Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

SKK Migas memastikan sebanyak 12 proyek hulu migas pada tahun ini dapat onstream atau berproduksi tepat waktu. Pasalnya, 12 proyek ini akan berkontribusi terhadap peningkatan produksi minyak sebesar 19 ribu barel per hari (BPH) dan produksi gas 567 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd).

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan pengendalian agar proyek ini dapat berjalan sebagaimana mestinya. Regulator di sektor hulu ini pun akan lebih intens dan memfasilitasi para KKKS jika mengalami kendala dalam pengelolaan proyek.

"Dari monitoring meeting reguler dan visit lapangan, kami dapat langsung tahu permasalahan yang terjadi dan segera dicarikan solusi," kata Julius kepada Katadata.co.id, Selasa (25/1).

Lebih lanjut, Julius selalu menekankan agar KKKS dapat menerapkan kaidah-kaidah dan norma-norma manajemen proyek yang baik, sehingga keterlambatan jadwal operasi proyek dapat dihindari.

Berdasarkan data SKK Migas, 12 proyek dengan total nilai investasi sebesar US$ 1,35 miliar rinciannya adalah dua proyek yang digarap oleh Medco E&P Natuna yaitu Lapangan Hiu Fase 2 dan Lapangan Belida Extension.

Lapangan Hiu Fase 2 direncanakan onstream pada Mei mendatang dengan kapasitas produksi gas 49 mmscfd. Sementara Lapangan Belida ditargetkan onstream pada Agustus dengan kapasitas produksi gas 40 mmscfd.

Kemudian proyek Tanjung Waterflood oleh Pertamina EP dengan kapasitas produksi 75 ribu barel air per hari (bwpd) yang ditargetkan onstream pada September 2022. Lalu, proyek OPL South Sembakung oleh JOB PMEPS dengan kapasitas produksi 30 mmscfd.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...