Kinerja Moncer, Komisi VII Pertanyakan Pergantian 3 Dirut BUMN Tambang

Image title
31 Januari 2022, 18:08
dpr, bumn, tambang, direksi
http://bumiresources.com/
Ilustrasi tambang.

Perombakan direksi di tiga perusahaan tambang BUMN, yakni PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Timah Tbk, dan PT Bukit Asam Tbk, pada akhir 2021 membuat geram anggota Komisi VII DPR. Pasalnya, pergantian dilakukan di saat ketiga perusahaan mencatatkan kinerja yang sangat baik.

Wakil Ketua Komisi VII, Maman Abdurrahman mengatakan pergantian dirut perusahaan tambang pelat merah sarat dengan kepentingan politik. Sebab, dasar pergantian Dirut tambang yang berjalan beberapa waktu lalu tidak menggunakan indikator parameter yang jelas.

Maman menyayangkan kinerja yang bagus pada manajemen sebelumya seolah-olah diabaikan begitu saja. Apalagi, pencopotan dilakukan ketiga perusahaan tambang ini meraih kinerja keuangan yang positif.

"Jangan sampai tiba-tiba MIND ID diganti lagi, bapak bapak semua disapu lagi. Hari ini kami banyak laporan, terus enak-enak aja hari ini main ganti ganti terus gimana," kata Maman dalam Rapat Dengar Pendapat bersama direksi MIND ID, Senin (31/1).

Dia pun menyarankan supaya perombakan di tubuh perusahaan tambang pelat merah tidak hanya menyasar di jajaran level direksi. Namun dapat juga dilakukan dari tingkat bawah.

Senada, Anggota Komisi VII DPR Muhammad Nasir juga merasa janggal dengan aksi perombakan di level direksi perusahaan tambang pelat merah. Dia pun juga meminta agar perombakan tidak hanya menyasar ke Direktur Utama saja. "Kok Dirutnya saja yang diganti? Bawahnya ini yang terus buat masalah tidak diganti ganti," ujarnya.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir di pengujung tahun 2021 merombak jajaran direksi tiga perusahaan tambang pelat merah secaara serempak.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...