Premium Batal Dihapus karena Masih Dibutuhkan untuk Meracik Pertalite

Image title
2 Februari 2022, 12:41
premium, bbm, pertalite, premium dihapus
Arief Kamaludin|KATADATA
Petugas SPBU mengisikan bahan bakar jenis premium kepada kendaraan pelanggan di Jakarta.

Rencana pemerintah yang akan menghapus BBM jenis Premium hingga kini belum terlaksana. Pemerintah justru mengklaim tanpa dihapus, BBM beroktan rendah ini akan hilang sendiri di pasaran.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha BUMN, Riset, dan Inovasi Kemenko Perekonomian Montty Girianna mengatakan tidak menutup kemungkinan bahwa penyediaan BBM jenis Premium masih akan tetap ada.

Sehingga Pertamina dihimbau selalu menyiapkan persediaannya untuk mengantisipasi lonjakan permintaan di masyarakat. Premium juga dibutuhkan sebagai bahan dasar campuran untuk produk Pertalite. Untuk diketahui,
Pertalite sendiri merupakan campuran 50% Premium dan 50% Pertamax.

"Kita juga melihat komponen Pertalite itu kan ada Premium, blending antara Premium dengan Pertamax. Premium masih ada untuk blending Pertalite," kata Montty dalam Energy Corner, Rabu (2/2).

Menurut Montty perpindahan BBM dari Premium ke Pertalite bertujuan untuk menekan emisi karbon. Mengingat kualitas produk Pertamax yang menjadi bahan bakar campuran untuk memproduksi Pertalite memiliki kualitas yang cukup bagus.

"Susah jawabnya (hapus Premium) karena pasti akan ada sedikit sedikit konsumsi Premium di daerah terpencil. jadi sebetulnya kita masih punya emergency, just in case. Tapi memang tahun ini mulai bulan sekarang itu adalah Premium sudah tidak ada lagi dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan konsumsi BBM jenis Premium sebenarnya terus menyusut. Sehingga, tanpa dihapuskan pemerintah, BBM jenis premium rendah ini akan hilang dengan sendirinya.

"Premium itu kalau di Jawa cuma ada 0,3% dan saya rasa dengan natural ini akan tergantikan oleh Pertalite. Ini alami kok, masyarakat sendiri yang memutuskan," katanya dalam Konferensi Pers Capaian Kinerja Sektor ESDM Tahun 2021 Dan Rencana Kerja Tahun 2022, Rabu (12/1).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...