PLN akan Implementasikan Co-firing di 8 Lokasi PLTU Tahun Ini

Image title
3 Februari 2022, 11:05
pltu, co firing, batu bara, pembangkit listrik, pln
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sejumlah petugas PLN melakukan pemeliharaan periodik atau "overhaul" mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang di Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, NTB.

PLN akan melanjutkan program co-firing atau pencampuran biomassa dengan batu bara di sejumlah pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) tahun ini. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya perusahaan dalam menggenjot bauran energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan PLN menargetkan implementasi co-firing di delapan lokasi PLTU pada tahun ini. Dari delapan PLTU tersebut, pasokan biomassa yang dibutuhkan setidaknya mencapai 450 ribu ton.

Advertisement

"Ditargetkan menggunakan biomassa sebanyak 450 ribu ton dan energi biomassa yang dihasilkan sebesar 340 Giga Watt hour (GWh)," kata Agung kepada Katadata.co.id, Kamis (3/2).

Hingga akhir 2021, program co-firing yang sudah dijalankan perusahaan setrum pelat merah ini telah berlangsung di 27 lokasi PLTU. Adapun energi yang dihasilkan dari implementasi tersebut mencapai 269 GWh dan menggunakan biomassa sebanyak 285 ton.

Sementara, khusus untuk bahan bakar jumputan padat (BBJP) PLN telah mengimplementasikannya di tiga lokasi PLTU yakni PLTU Jeranjang, PLTU Ropa, dan PLTU Suralaya. "Kami terus melakukan inovasi untuk menggunakan BBJP di lokasi PLTU lainnya," kata Agung.

PLN sebelumnya menyatakan siap mengimplementasikan program co-firing pada 56-59 pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Dengan total kapasitas terpasang sebesar 2,3 gigawatt (GW), kebutuhan biomassa untuk program co-firing PLN mencapai 14 juta ton per tahun.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement