Harga Minyak Mentah RI Meroket 17% Imbas Panasnya Kondisi Geopolitik

Happy Fajrian
7 Februari 2022, 17:43
harga minyak, kementerian esdm
KATADATA
Kilang Minyak

Kementerian ESDM menetapkan harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) Januari 2022 sebesar US$ 85,89 per barel. Angka ini naik US$ 12,53 atau 17,1% dibandingkan ICP Desember 2021 di level US$ 73,36 per barel.

Penetapan ini tercantum dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 11.K/MG.03/DJM/2022 tentang harga minyak mentah Indonesia pada Januari 2022 yang diteken 2 Februari 2022.

"Harga rata-rata minyak mentah Indonesia untuk bulan Januari 2022 ditetapkan sebesar US$ 85,89 per barel," demikian bunyi diktum ketiga Kepmen tersebut yang dikutip Senin (7/2).

Executive Summary Tim Harga Minyak Indonesia menjelaskan bahwa kenaikan harga minyak mentah utama di pasar internasional dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya peningkatan risiko geopolitik dari konflik Ukraina-Rusia.

Potensi invasi Ukraina oleh Rusia dapat mengganggu pasokan minyak dan gas khususnya di negara-negara Eropa. Apalagi Rusia merupakan salah satu negara produsen minyak terbesar di dunia.

Kemudian, Kazakhstan sebagai salah satu negara OPEC+ dengan produksi 1,6 juta barel per hari mengalami kendala logistik yang berpotensi menyebabkan penurunan produksi pasca demonstrasi yang dipicu kenaikan harga bahan bakar.

Kemudian, Libya yang saat ini hanya memproduksikan minyak mentah pada kisaran 700 ribu barel per hari dari potensi produksi kurang lebih 1,2 juta barel per hari (bph).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...