Pertamina Pasang Alat Produksi BBM Setara EURO 5 di Kilang Balikpapan

Happy Fajrian
8 Februari 2022, 14:11
kilang balikpapan, pertamina
PT Kilang Pertamina Balikpapan
Pemasangan alat disenganger/stripper yang merupakan bagian penting dari unit RFCC Kilang Balikpapan.

Proyek refinery development master plan (RDMP) Balikpapan terus berlanjut. Pertamina melalui anak usahanya PT Kilang Pertamina Internasional telah memasang alat disenganger/stripper di Kilang Balikpapan pada Jumat (4/2).

Alat yang merupakan salah satu peralatan penting bagian dari unit Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) ini memiliki berat lebih dari 900 ton, dengan tinggi 36,7 meter dan diameter 11,1 meter. RFCC berfungsi memproduksi BBM dengan kualitas setara Euro 5 yang ramah lingkungan.

Pemasangan peralatan ini berkontribusi positif terhadap perkembangan proyek. Hingga akhir Januari 2022 proyek RDMP Balikpapan & Lawe-Lawe telah mencapai progress sekitar 48%.

“Walaupun kita sedang fokus untuk percepatan progress proyek, namun safety tetap menjadi aspek utama dalam seluruh kegiatan operasional PT Kilang Pertamina Balikpapan,” kata Direktur Utama PT KPB Feri Yani melalui keterangan tertulis, Selasa (8/2).

Adapun pengadaan dan pembuatan peralatan ini memerlukan waktu sekitar dua tahun di Korea Selatan sampai tiba di Balikpapan. Disenganger/Stripper telah berhasil dipasang dengan menggunakan crane berkapasitas 2.800 ton yang merupakan Electric Ringer Crane raksasa di dunia.

Feri menjelaskan bahwa pekerjaan pemasangan ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan yang matang mengingat peralatan yang dipasang memiliki dimensi yang sangat besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...