Harga Minyak Sentuh US$ 95/Barel, Pertamina Mulai Naikkan Harga BBM

Happy Fajrian
14 Februari 2022, 10:21
harga minyak, pertamina, harga bbm, pertamax
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Pertamina naikkan harga BBM non-subsidi, Pertamax Turbo, Dex, dan Dexlite mulai Sabtu (12/2).

Harga minyak pada hari Senin (14/2) mencapai level tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun di tengah kekhawatiran invasi Ukraina oleh Rusia yang dapat memicu sanksi dari Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Sanksi ini dikhawatirkan mengganggu pasokan minyak di kondisi pasar yang sudah ketat.

Minyak mentah berjangka Brent berada di US$ 95,56 per barel, naik $1,12, atau 1,2%, setelah sebelumnya mencapai puncak $96,16, tertinggi sejak Oktober 2014. Minyak West Texas Intermediate (WTI) AS naik US$ 1,28, atau 1,4%, menjadi US$ 94,38 per barel, tertinggi sejak September 2014.

Amerika Serikat menilai serangan Rusia ke Ukraina telah mengguncang pasar keuangan global. Rusia dinilai dapat menyerang Ukraina kapan saja dan mungkin membuat dalih mengejutkan untuk melakukan serangan.

"Jika mobilisasi pasukan terjadi, minyak mentah Brent tidak akan sulit naik di atas level US$ 100. Harga minyak akan tetap sangat fluktuatif dan sensitif terhadap perkembangan situasi Ukraina," kata analis OANDA Edward Moya, seperti dikutip Reuters, Senin (14/2).

Sering kenaikan harga minyak dunia, Pertamina mulai menyesuaikan harga BBM non subsidi. Perusahaan migas pelat merah ini menaikkan harga Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite, yang berlaku mulai Sabtu (12/2).

“Harga minyak mentah Indonesia atau ICP per Januari 2022 telah mencapai US$ 85 per barel, naik 17% dari indeks bulan sebelumnya. Kenaikan harga yang signifikan inilah yang membuat Pertamina lantas menyesuaikan harga BBM non subsidi,” kata Pjs Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangan tertulis.

Produk Pertamax Turbo (RON 98) kini dijual Rp 13.500 per liter, Pertamina Dex (CN 53) menjadi Rp 13.200 per liter, dan Dexlite (CN 51) menjadi Rp 12.150 per liter untuk wilayah DKI Jakarta atau daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 5%.

Sebelumnya harga Pertamax Turbo dijual Rp 12.000 per liter, Pertamina Dex Rp 11.050 per liter, dan Dexlite pada harga Rp 9.500 per liter. Sedangkan untuk BBM non subsidi lainnya berupa Pertamax dan Pertalite tidak mengalami penyesuaian harga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...