Laba Perusahaan Energi Dunia Meroket Dipicu Lonjakan Harga Migas

Happy Fajrian
14 Februari 2022, 17:34
migas, harga minyak, laba perusahaan migas, shell, chevron, bp
AKR

Laba perusahaan energi dunia, yakni BP (Inggris), TotalEnergies (Prancis), Shell (Belanda), serta Chevron dan Exxon Mobil (Amerika Serikat) pada 2021 melesat didorong tingginya harga minyak dan gas berkat pulihnya konsumsi energi seiring pembukaan kembali perekonomian dari kebijakan pembatasan Covid-19.

BP misalnya, berhasil membukukan laba US$ 12,85 miliar sepanjang 2021 yang merupakan rekor tertinggi dalam 8 tahun terakhir. Perusahaan asal Inggris ini menyebut bahwa tingginya harga minyak dan gas.

Kemudian TotalEnergies meraih laba US$ 18,1 miliar, membalikkan kinerja tahun 2020 yang merugi hingga US$ 7,2 miliar. Perusahaan energi Prancis ini membukukan pendapatan sebesar US$ 6,8 miliar pada kuartal IV 2021, di atas prediksi analis sebesar US$ 6,1 miliar.

CEO TotalEnergies Patrick Pouyanne mengatakan bahwa model bisnis multi energi yang mereka terapkan berhasil memanfaatkan penuh lingkungan yang mendukung dari kenaikan harga energi, terutama pada LNG (liquefied natural gas) dan listrik.

Sementara itu Shell tahun lalu membukukan laba US$ 19,3 miliar dari rugi US$ 7,2 miliar pada 2020, Chevron US$ 15,6 miliar dari rugi US$ 5,5 miliar, dan ExxonMobil US$ 23 miliar dari rugi US$ 22 miliar pada tahun sebelumnya.

Keuntungan lima perusahaan energi besar dunia ini didorong oleh lonjakan harga minyak dan gas setelah kejatuhannya pada awal pandemi Covid-19 yang memukul kinerja keuangan hingga merugi.

Pada 2020 harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) sempat menyentuh US$ -37,63 per barel yang artinya perusahaan migas rela membayar untuk mengurangi persediaannya yang menumpuk karena turunnya konsumsi energi global.

Namun pada 2021 harga minyak pulih hingga menyentuh US$ 85 per barel dan terus merangkak naik hingga mendekati US$ 100 per barel hari ini. Simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...