Perang Rusia – Ukraina Bisa Picu Krisis Energi, Harga Gas Melejit 65%

Happy Fajrian
24 Februari 2022, 17:13
harga gas, pasokan gas, ukraina, rusia,
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pipa gas.

Harga gas acuan Eropa, Dutch Title Transfer Facility (TTF) melambung ke level € 120 per kilowatt jam (kwh) pada perdagangan intraday hari ini, Kamis (24/2), naik 35% dibandingkan penutupan Rabu (23/2) di € 88,89 per kwh.

Kenaikan harga sumber energi vital dan bahan bakar pembangkit di Uni Eropa ini dipicu kekhawatiran konflik bersenjata antara Rusia dan Ukraina akan semakin melemahkan pasokan. Sepanjang pekan ini harga gas acuan Eropa telah naik lebih dari 65% dari level € 72,56 per kwh pada Senin (21/2).

Advertisement

Presiden Rusia Vladimir Putin sebenarnya telah menegaskan pada awal pekan ini bahwa dia tidak akan mengurangi atau mematikan aliran gas ke Eropa. Namun pengerahan pasukan dan perkembangan terbaru di Ukraina meningkatkan risiko terhadap infrastruktur gas Ukraina yang penting bagi Eropa.

“Pemerintah (Ukraina) kemungkinan harus menutup sebagian atau bahkan semua jaringan (gas)nya untuk alasan keamanan jika terjadi perang,” kata CEO perusahaan gas negara Ukraina Yuriy Vitrenko beberapa minggu sebelum Rusia melancarkan aksi militernya, seperti dikutip The Wall Street Journal.

Ia menambahkan bahwa di zona perang, pipa gas bertekanan tinggi dapat menyebabkan ledakan yang menghancurkan seluruh kota.

Analis dari ClearView Energy Partners juga mengatakan bahwa Putin bisa saja memangkas aliran gas ke Eropa sebagai balasan terhadap sanksi yang dijatuhkan Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS), dengan berbagai macam dalih seperti pemeliharaan fasilitas, kerusakan akibat perang, atau serangan maya dunia barat.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa aliran gas ke Eropa melalui Ukraina, yang memiliki jaringan pipa yang dibangun pada era Uni Soviet, masih stabil pada Kamis pagi. Meskipun harga melonjak merespon aksi militer yang dilancarkan Rusia. Simak databoks berikut:

Naiknya harga gas Eropa mempengaruhi pasar lebih jauh dengan pengalihan pasokan dan menaikkan harga di tempat lain. Di Inggris misalnya, harga gas naik 23%, sedangkan harga gas AS naik 6,5% menjadi US$ 4,92 per juta British thermal unit (mmBtu).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement